Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Alasan Mengapa Kita Harus Mengampuni

Renungan kita hari ini mungkin akan terasa berat bagi sebagian orang. Sebuah fakta yang mudah kita jumpai di sekitar kita dimana seseorang kesulitan untuk mengampuni sesamanya. Bahkan tidak sedikit yang membawa kebencian dan kemarahannya sampai mati.

Mengapa seseorang sulit untuk mengampuni? Jawabnya karena orang tersebut merasa tidak punya cukup alasan untuk dapat mengampuni orang yang bersalah kepadanya.

Manusia telah jatuh dalam dosa. Akibat dosa maka gambar Allah dalam diri manusia menjadi rusak. Manusia kehilangan kasih sehingga mulai melakukan berbagai kejahatan dan tidak bisa melepaskan pengampunan.

Berikut 3 alasan kuat mengapa kita harus mengampuni:

1. Kita lebih dahulu diampuni

Inilah alasan pertama mengapa kita harus mengampuni. Kita perlu manyadari bahwa kita juga manusia berdosa yang memiliki banyak kesalahan dan dosa. Namun Tuhan mengampuni kita, ketika kita mengaku dosa dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat. 

Yesus telah mengorbankan nyawanya untuk karya pengampunan dosa bagi kita.Dengan demikian sudah sepatutnya kita juga mengampuni orang yang bersalah kepada kita. Kita perlu mengingat bahwa kita juga manusia berdosa yang banyak kekurangan dan kesalahan. 

Untuk orang jahat dan berdosa seperti kita saja, Tuhan mau mengampuni. Masakan untuk orang lain yang bersalah pada kita, kita tidak mau mengampuni? Ampunilah orang lain sebab kita telah menerima pengampunan dari Tuhan. 

2. Ketika kita mengampuni maka kita juga diampuni

Mengampuni adalah salah satu syarat kita untuk memperoleh pengampunan. Karena jika tidak, maka Firman Tuhan dengan jelas mengatakan bahwa dosa kita juga tidak akan diampuni. 

Matius 6:14-15 (TB)  Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."

Ketika kita sudah memperoleh pengampunan, namun kita tidak mau mengampuni orang lain juga, maka hal itu adalah suatu dosa dan kesalahan dihadapan Allah. Dan kesalahan tersebut tidak akan diampuni sampai kita mampu mengampuni orang yang bersalah pada kita. 

Jadi betapa seriusnya hal pengampunan ini. Namun sayangnya beberapa orang gagal untuk mengampuni dan memilih membawa kebencian dan kemarahannya sampai akhir hidupnya. 

Mari belajar melepaskan pengampunan, agar kita juga mengalami pengampunan dari Tuhan atas setiap dosa dan kesalahan kita. 


3. Mengampuni sebagai bukti ketaatan kita kepada Tuhan

Pengampunan bukanlah saran atau nasehat. Pengampunan merupakan perintah Tuhan yang begitu tegas. Tuhan ingin kita hidup saling mengampuni.

Tuhan tahu dengan persis bahwa kehidupan manusia setelah jatuh dalam dosa akan banyak gesekan dan perselisihan. Apalagi penguasa dunia ini yaitu iblis ingin kita tidak dapat mengampuni kemudian tidak beroleh pengampunan. Yang pada akhirnya membuat kita binasa. 

Inilah yang diinginkan iblis. Maka ingatkan selalu bahwa ketika kita tidak mau mengampuni, maka kita sedang mengikuti kemauan iblis. Sebaliknya bila kita mau mengampuni, maka kita sedang taat akan perintah Tuhan. Mana yang engkau pilih? 

Kiranya setelah membaca renungan kita hari ini, kita semua menyadari betapa pentingnya kita memiliki stok pengampunan yang cukup untuk selalu kita berikan kepada orang yang bersalah kepada kita. 

Ingat, bahwa ada 3 alasan mengapa kita harus mengampuni. Karena kita sudah diampuni, karena ketika kita mengampuni kita juga diampuni dan karena mengampuni adalah perintah Tuhan yang harus kita taati. Selamat merenungkan, Tuhan Yesus memberkati.. 

Posting Komentar untuk "3 Alasan Mengapa Kita Harus Mengampuni"