Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengembangan Diri

Manusia diciptakan Tuhan sebagai mahluk yang penuh potensi dan kemampuan. Bahkan manusia diciptakan serupa dengan gambar dan rupa Allah. Tuhan sendiri mengatakan bahwa manusia mempunyai potensi yang luar biasa. Dalam Kejadian 11:6 Tuhan berkata bahwa “mulai dari sekarang apa pun juga yang mereka rencanakan, tidak ada yang tidak akan dapat terlaksana.” Artinya selama manusia mau berusaha maka apa yang direncanakan dan dikerjakan akan dapat terlaksana. Hal yang perlu dilakukan manusia adalah mengembangkan diri mereka. Pengembangan diri menjadi faktor yang sangat penting agar manusia dapat mencapai potensi maksimal dalam hidupnya.


Faktanya tidak banyak manusia yang dapat mencapai potensi maksimal dalam hidupnya. Bahkan beberapa penelitian mengatakan bahwa manusia hanya menggunakan sebagian kecil saja dari kemampuan otak mereka selama hidup. Tidak banyak orang yang menyadari hal ini dan mau menggunakan waktu untuk mengembangkan diri.

Salah satu dampak positif dari adanya pandemi virus corona yang melanda dunia beberapa bulan terakhir adalah ada banyak waktu yang bisa digunakan untuk mengembangkan diri. Bagi saya secara pribadi, situasi sekarang ini menyadarkan saya untuk bisa memiliki kualitas hidup yang lebih baik. Memanfaatkan waktu yang ada untuk belajar berbagai hal baru yang selama ini belum pernah saya lakukan.

Terus mengembangkan diri dalam berbagai bidang kehidupan akan membuat kita bergerak maju kearah potensi maksimal dari hidup kita atau yang seringkali disebut sebagai “menjadi versi terbaik dari diri kita. Kesuksesan seseorang tidak hanya diukur dari berapa banyak harta yang kita milik atau kedudukan dan jabatan yang kita bisa raih, namun terletak dari seberapa kita bisa menjadi “versi terbaik dari diri kita”.

Hidup ini harus terus bergerak maju kearah yang lebih baik. Terus belajar menemukan potensi-potensi dalam kehidupan kita tidaklah berarti langsung menemukan atau melakukan hal-hal besar dan luar biasa. Justru itu dimulai dari hal-hal kecil, hal-hal sederhana bahkan hal-hal yang selama ini mungkin kita anggap sepele.

Pengembangan diri dapat dimulai dari hal kecil seperti menghargai waktu yang kita miliki. Hidup ini hanya sekali, jadi pastikan hidup kita menjadi hidup yang bermakna dengan berkarya sebaik-baik yang bisa kita lakukan. Setiap orang memiliki waktu yang sama dalam satu hari, namun hanya orang yang mampu menghargai waktu yang akan dapat mengisi waktu dalam kehidupannya dengan hal-hal yang dapat membuat dia berkembang.

Dalam blog/web ini saya rindu berbagi kepada sobat semua tentang hal-hal yang bisa kita terapkan untuk dapat bisa semakin berkembang. Pembelajaran tersebut saya dapat dari berbagai referensi dan media belajar, baik dari membaca buku ataupun hal-hal yang saya temukan dalam pengalaman hidup yang saya alami.

Saya berharap dengan berbagi kepada sobat semua, saya bisa lebih termotivasi untuk terus mengembangkan diri dalam berbagai hal. Saya bisa belajar menulis, belajar berbagi dan belajar menggali lebih lagi hal-hal yang sekiranya bisa membuat saya semakin maju dan berkembang. Pembelajaran-pembelajaran tersebut bisa sobat semua temukan dalam artikel yang berlabel/berkategori “Pengembangan Diri.” 

Saya juga terbuka bagi Kritik dan Saran dari sobat semua mengenai blog/web ataupun artikel yang saya muat di dalam blog/web ini. Silahkan tulis di kolom komentar atau hubungi melalui email pribadi saya yang tercantum dibagian “Contact” dari blog ini. Saya percaya bahwa saran dan kritik juga merupakan hal yang dapat menjadi sarana bagi sebuah pengembangan diri. Terimakasih dan selamat belajar mengembangkan diri.

Posting Komentar untuk "Pengembangan Diri"