Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Allah itu Penasihat Ajaib

Dalam Yesaya 9:5, ada empat nama atau gelar bagi Allah yaitu Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal dan Raja Damai.  Ayat itu adalah nubuat nabi Yesaya mengenai kelahiran Yesus Kristus. Artinya gelar tersebut ditujukan kepada diri Yesus Kristus.

Yesaya 9:5 Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

Lalu apa arti atau makna dari keempat gelar tersebut bagi kita manusia? Kita akan membahasnya mulai dari yang pertama, yaitu Penasihat Ajaib. Gelar Penasihat Ajaib disebutkan pada urutan pertama menjadi hal yang menarik. Apa pentingnya bagi manusia memliki Allah yang adalah Penasihat Ajaib.

Mengapa Manusia Memerlukan Nasihat?

Pada dasarnya manusia membutuhkan nasihat, mulai dari orang biasa sampai pemimpin-pemimpin besar dunia memerlukan nasihat untuk memecahkan persoalan dan pengambilan keputusan. Bahkan Alkitab sendiri mengatakan bahwa jauh lebih baik jika memiliki banyak penasihat.

Amsal 11:14 Jikalau tidak ada pimpinan, jatuhlah bangsa, tetapi jikalau penasihat banyak, keselamatan ada.

Amsal 15:22 Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak.

Amsal 24:6 Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat yang banyak.

Mengapa memerlukan banyak penasihat? Sebab dalam dunia ini kita menghadapi bukan hanya satu permasalahan, namun berbagai permasalahan. Dimana tidak semua orang ahli dalam persoalan tersebut atau tidak ada satu orang yang dapat ahli dalam semua bidang kehidupan.

Dalam pemerintahan misalkan, seorang kepala negara, baik itu presiden maupun raja pasti memiliki beberapa penasihat. Demikian juga secara personal, setiap orang akan mencari nasihat untuk hal-hal tertentu kepada orang-orang yang dianggap memiliki keahlian, entah itu masalah keuangan, kesehatan, keluarga dan sebagainya.

Yesus Kristus adalah Penasihat Ajaib

Nasihat dari para ahli tentu akan sangat membantu kita yang kurang ahli untuk memecahkan persoalan maupun mengambil keputusan terbaik. Namun kita perlu mengingat dan menyadari bahwa pengetahuan manusia itu terbatas. Apalagi setelah manusia tercemar oleh dosa.

Oleh sebab itulah kita memerlukan seorang penasihat yang dapat menolong kita dan membimbing kita dalam segala hal dan dalam segala persoalan kehidupan kita. Sosok pribadi yang mengerti dan berkuasa atas segalanya adalah Tuhan yang kita kenal dalam diri Yesus Kristus. Dialah sang Penasihat Ajaib itu.

Seorang yang tidak hanya seperti penasihat didunia ini yang masih bisa salah dan terbatas dalam hikmat serta pengetahuannya. Dia adalah sumber hikmat itu sendiri. Di dalam Kristus Yesus itulah terdapat segala hikmat dan pengetahuan. Dia bukan hanya sekedar memberi nasihat, namun juga memberi tuntunan dan jalan keluar yang ajaib untuk setiap persoalan yang kita hadapi.

Dalam Yesus Kristus Terdapat Segala Hikmat dan Pengetahuan

Kolose 2:1-3 Karena aku mau, supaya kamu tahu, betapa beratnya perjuangan yang kulakukan untuk kamu, dan untuk mereka yang di Laodikia dan untuk semuanya, yang belum mengenal aku pribadi, supaya hati mereka terhibur dan mereka bersatu dalam kasih, sehingga mereka memperoleh segala kekayaan dan keyakinan pengertian, dan mengenal rahasia Allah, yaitu Kristus, sebab di dalam Dialah tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan. 

Dalam Yesus Kristus Terdapat Hidup dan Terang Manusia

Kristus dapat kita andalkan sebab Ia telah ada dari mulanya segala sesuatu. Dia ada bersama Allah Bapa dan segala yang ada didunia ini dijadikan oleh Dia. Seperti yang tercatat dalam Yohanes 1:1-5. Kristus adalah terang manusia. Ia mampu menuntun manusia sehingga jalan hidupnya tidak lagi gelap.

Yohanes 1:1-5 Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah. Ia pada mulanya bersama-sama dengan Allah. Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan. Dalam Dia ada hidup dan hidup itu adalah terang manusia. Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.

Bukankah hal ini membuat kita merasa lega dan aman? Sebab Tuhan sendiri menjadi penasihat ajaib bagi kita. Dialah sang ahlinya ahli yang sebenarnya. Oleh karena itu Dia akan memberi kita tuntunan dan nasihat yang tepat dan konkret berkenaan dengan masalah-masalah terberat dalam kehidupan manusia.

Mengikuti Nasihat dan Tuntunan Sang Penasihat Ajaib Dalam Ketaatan

Untuk mengerti dan memahami nasihat dan tuntunan-Nya mungkin memerlukan sebuah proses, sebab hikmat manusia seringkali tidak dapat memahami hikmat Tuhan. Namun yang jelas ketika kita berjalan dalam nasihat dan tuntunan sang Penasihat Ajaib hidup kita tidak seperti meraba-raba layaknya orang yang berjalan dalam gelap, sebab Dia yang adalah terang akan menerangi jalan hidup kita.

Sebab Firman Tuhan menjamin bahwa di dalam Kristus sang Penasihat Ajaib itu ada hidup dan terang. Terang itu akan bercahaya sehingga hidup kita tidak dikuasai kegelapan (Yoh 1:4-5). Yesus Kristus adalah Allah yang berjanji menyertai kita dan mau menjadi Penasihat Ajaib bagi kita. Perenungannya adalah “Apakah kita mau untuk mempercayai-Nya dengan sungguh-sungguh dan mengikuti tuntunan-Nya dalam ketaatan?" Selamat merenungkan, Tuhan Yesus memberkati..

Posting Komentar untuk "Allah itu Penasihat Ajaib"