Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar dari Sekolah Kehidupan

Sekolah Kehidupan adalah istilah yang sering dipakai untuk merujuk kepada suatu pembelajaran tentang kehidupan yang dapat kita peroleh dari kehidupan kita sehari-hari. Belajar adalah proses seumur hidup. Kapanpun, dimanapun dan dari manapun kita bisa belajar, termasuk dari setiap peristiwa yang terjadi dalam kehidupan kita. Baik dari peristiwa yang kita alami sendiri maupun peristiwa yang terjadi di sekitar kita atau peristiwa yang kita dengar dari cerita orang lain.

Namun sayangnya banyak orang melewatkan pelajaran-pelajaran itu begitu saja. Peristiwa dalam kehidupan kita berlalu tanpa ada makna yang kita bisa ambil untuk dijadikan pelajaran kehidupan. Padahal bila kita mau sedikit melatih kepekaan kita bagi setiap peristiwa yang Tuhan ijinkan terjadi dalam hidup kita, maka kita dapat memetik pelajaran berharga bagi hidup kita. Pelajaran tersebut bisa menjadi bekal yang baik untuk langkah kita selanjutnya dalam kehidupan ini. 

Inilah yang saya maksud dengan sekolah kehidupan. Sebuah sekolah tanpa kurikulum khusus, tanpa uang spp, tanpa gedung dan fasilitas yang mahal. Sekolah kehidupan hanya memerlukan hati yang peka untuk memaknai setiap peristiwa yang mampir di hidup kita, lalu mengolahnya menjadi sesuatu yang bermakna dan bernilai.



Dalam blog/web ini saya mencoba membagikan setiap peristiwa yang bisa menjadi pelajaran kehidupan bagi saya. Cerita-cerita yang mungkin sederhana, namun bila dihayati mampu membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik. Saya berharap cerita-cerita tersebut membuat kita bisa semakin memaknai kehidupan ini. Sobat semua bisa menemukan cerita-cerita tersebut dalam artikel-artikel yang saya masukan dalam kategori/label Sekolah Kehidupan. 

Catatan: Nama orang, nama tempat dan peristiwa dalam cerita yang saya bagikan mungkin saja akan mengalami editing (penambahan, pengurangan atau penyamaran) karena satu dan lain hal. Namun tidak akan mengurangi inti dari cerita atau peristiwa yang sesungguhnya terjadi.

Bila ada kekurangan ataupun saran dan kritik bisa disampaikan melalui kolom komentar. Terimakasih..
  

Posting Komentar untuk "Belajar dari Sekolah Kehidupan"