Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Firman Tuhan adalah Vitamin bagi Kehidupan Rohani

Tahukah anda bahwa Firman Tuhan adalah vitamin bagi kehidupan rohani kita? Seperti yang tercatat dalam 2 Timotius 3:16 yang mengatakan bahwa “segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran." Ketika kita mengkonsumsi atau merenungkan Firman Tuhan setiap hari, maka jiwa dan roh kita akan makin kuat dan tidak mudah kalah dengan masalah.

Hal tersebut sama seperti mengkonsumsi vitamin supaya daya tahan tubuh menjadi kuat dan tidak mudah sakit. Apalagi pada masa-masa seperti sekarang ini, dimana ada pandemic virus corona yang mengharuskan setiap orang mempunyai daya tahan tubuh yang baik. Vitamin dapat menjadi salah satu solusi untuk dapat menjaga diri kita sehingga tidak mudah diserang virus.

Di tengah kepedulian banyak orang terhadap daya tahan tubuh secara jasmani, ternyata tidak sedikit orang yang melupakan untuk menjaga daya tahan rohani mereka. Bila kita mau jujur, maka ada banyak anak Tuhan yang lebih gemar membaca komik, novel atau bacaan lainnya daripada membaca hal-hal rohani seperti Firman Tuhan dalam alkitab atau renungan.

Buku-buku yang lain memang dapat bermanfaat juga, baik untuk menambah pengetahuan dan wawasan maupun untuk sekadar menjadi hobi dan hiburan. Namun itu bukanlah alas an untuk kemudian kita mengabaikan kebenaran Allah dalam Firman Tuhan. Sediakanlah waktu setiap hari untuk bersekutu dengan Tuhan melalui doa, penyembahan dan pembacaan Firman Tuhan.


Hal ini penting, karena kesehatan manusia rohani kita sebenarnya memiliki nilai yang paling tinggi, sebab manusia rohani kitalah yang akan menentukan nasib kita dalam kehidupan kekal nantinya. Itulah sebabnya Firman Tuhan mengingatkan kita bahwa sekalipun manusia lahiriah kita semakin merosot, namun manusia batiniah kita harus terus dibaharui dari hari ke hari.

2 Korintus 4:16 
“Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari”

Agar manusia batiniah atau manusia rohani kita bisa dibaharui, maka kita memerlukan yang namanya “vitamin kehidupan” yaitu Firman Tuhan. kita memerlukan vitamin kehidupan dalam kadar yang cukup setiap harinya, dimana manusia rohani kita harus diisi dengan pemahaman akan kebenaran Firman Tuhan yang murni. Semuanya itu akan memberi nilai bagi manusia rohani kita, apakah kita sudah berkenan dihadapan Tuhan atau belum.

Hal ini disampaikan pula oleh rasul Paulus dalam 2 Korintus 5:9 yang mangatakan, “sebab itu juga kami berusaha, baik kami diam di dalam tubuh ini, maupun kami diam di luarnya, supaya kami berkenan kepada-Nya." Kenapa hal ini menjadi penting? Sebab jika manusia rohani kita ditemukan tidak berkenan di hadapan Tuhan, maka hidup kita akan menjadi sia-sia. Sebab hanya orang yang berkenan dihadapan Allah, yang bisa masuk dalam kerajaan Surga.

Firman Tuhan juga berguna untuk menjaga iman dan roh kita agar tidak mudah padam, tetapi semakin menyala-nyala terutama menjelang kedatangan Tuhan yang kedua, dimana tanda-tandanya semakin jelas. Setiap orang percaya dituntut untuk dapat lebih lagi memperhatikan kesehatan dan daya tahan manusia rohani masing-masing agar iman dan roh kita tetap kuat.

Firman Tuhan adalah vitamin bagi kehidupan rohani orang percaya, maka jangan pernah abaikan Firman Tuhan. Kita harus berjuang supaya setiap hari, kita dapat memberi vitamin kehidupan yang berguna bagi manusia batiniah kita, yaitu mengisinya dengan kebenaran Firman Tuhan yang murni, supaya kita semakin mengerti apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna sehingga kita dapat hidup dalam kehendak-Nya.

Posting Komentar untuk " Firman Tuhan adalah Vitamin bagi Kehidupan Rohani"