Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prinsip keseimbangan dalam Meningkatkan Produktivitas

Produktivitas tidak hanya berbicara mengenai hasil yang kita bisa capai dalam hidup ini. Namun produktivitas juga berbicara mengenai bagaimana kita dapat menjalani hidup ini dalam keseimbangan. Prinsip keseimbangan dalam meningkatkan produktivitas inilah yang sering dilupakan orang. Ada sebagian orang yang ingin meningkatkan produktivitas dalam beberapa bidang kehidupan, namun lupa memperhatikan beberapa bidang yang lain yang juga penting untuk diperhatikan.


Misalkan saja orang ingin meningkatkan produktivitas di bidang pekerjaan, ketrampilan dan usahanya, namun seringkali melupakan atau mengabaikan keluarga, kesehatan dan aspek sosial dalam hidupnya. Alhasil, mungkin dia akan memperoleh peningkatan produktivitas dalam bidang pekerjaan, ketrampilan dan usaha, namun dia akan kehilangan atau bahkan merusak aspek keluarga, kesehatan dan sosial.

Beberapa orang kehilangan hubungan yang baik dengan keluarga karena terlalu fokus mengejar peningkatan produktivitas kerja dan usaha. Beberapa orang lagi terganggu kesehatannya karena terlalu mengejar target produktivitas dalam hidupnya. Padahal bila kita merenungkan, hubungan kita yang tidak baik dengan keluarga serta kesehatan kita yang terganggu akan membuat hidup kita menjadi tidak produktif.

Target memang harus dikejar dan diselesaikan, tetapi bukan berarti kita mengorbankan hal-hal penting lainnya dalam hidup kita. Adakalanya perhatian terhadap keluarga harus mengorbankan sebagian waktu kerja kita. Mengejar produktivitas juga bukan berarti bekerja tanpa memperhatikan kesehatan kita. Tubuh kita ada batas kekuatan, kita perlu istirahat yang cukup dan nutrisi dari makanan yang seimbang agar badan kita bisa kuat sehingga dapat bekerja dengan produktif.

Ketika kita sedang semangat untuk meningkatkan produktivitas hidup, kita akan bekerja lebih keras bahkan tidak akan berhenti sampai target kita terpenuhi setiap harinya. Bahkan sampai lembur dan kurang tidur pun kita lakukan. Satu atau dua hari mungkin kita masih kuat, namun bagaimana bila itu kita lakukan dalam waktu yang lama? Tentu badan kita tidak akan kuat dan bisa saja sakit. 

Akan ada banyak persoalan bila kita tidak bisa menyeimbangkan semua aspek dalam hidup kita. Oleh karena itu penting adanya keseimbangan dalam hidup kita. Bagaimana cara agar kita bisa menyeimbangkan segala aspek yang ada dalam hidup kita sehingga kita tetap dapat produktif?

Menjaga keseimbangan hidup bukanlah sesuatu yang bisa dipelajari secara teori belaka, namun menjaga keseimbangan dalam hidup adalah latihan yang terus menerus kita praktekan dalam hidup. Melatih kesabaran, emosi dan rasa ego kita itulah kunci agar kita dapat menjaga keseimbangan hidup. Jangan menjadi orang yang terlalu kaku sehingga fokus hanya pada deadline pekerjaan kita.

Menjaga keseimbangan juga berbicara mengenai kebijaksanaan kita dalam memanfaatkan waktu yang ada. Bijaksana dalam mengatur ritme kehidupan dan memilih hal yang harus kita kerjakan. Dan kebijaksanaan itu tidak diperoleh dari sekedar teori, namun dengan praktek secara terus menerus dalam hidup kita sehingga kita mampu menjadi pribadi yang dapat hidup dengan seimbang dalam segala aspek hidup kita.

Sekali lagi, prinsip keseimbangan dalam meningkatkan produktivitas adalah sesuatu yang sangat penting untuk kita perhatikan. Menjaga hubungan yang baik dengan keluarga serta menjaga kesehatan dengan memperhatikan pola makan serta asupan gizi dari makanan yang kita makan akan membuat produktivitas kita meningkat. Memang ada pekerjaan atau waktu yang dikorbankan, namun hal itu ibarat sebuah investasi jangka panjang agar kita bisa terus produktif dalam hidup ini.

Posting Komentar untuk "Prinsip keseimbangan dalam Meningkatkan Produktivitas"