Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sikap Hati dalam Melayani Tuhan

Pada saat kita percaya dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan juruselamat, maka kita sudah berpindah dari hamba dosa menjadi hamba kebenaran. Karena Yesus mati di atas kayu salib kita telah ditebus dari dosa artinya kita telah dibayar lunas oleh darah dan kematian Yesus Kristus. Itu berarti kita menjadi milik Tuhan sepenuhnya (1 Kor 6:20). Kita harus mulai belajar memiliki sikap hati melayani.

Sebagai orang yang telah dimerdekakan kita adalah orang bebas milik Tuhan (1 Kor 7:22). Kebebasan kita bukanlah kita gunakan untuk bertindak seenaknya, melainkan untuk bertindak sesuai dengan hukum-hukum Allah (1 Kor 7:19b), termasuk hukum dalam melayani.

Hukum Allah mengenai melayani adalah bertentangan dengan dunia ini. Matius mencatat bahwa jika seorang ingin menjadi besar, dia harus melayani dan jika ia ingin menjadi yang terkemuka hendaklah ia menjadi hamba. Ini adalah sebuah prinsip yang bertentangan dengan prinsip dunia. Yesus pun mengakui bahwa prinsip ini bertentangan dengan prinsip dunia.

Dalam Mat 20:25-28 jelas sekali bahwa Yesus mengatakan kalau orang dunia ingin menjadi besar dengan cara memerintah dengan tangan besi dan dengan keras, tetapi murid Yesus adalah berbeda.

Ada dua hal yang dapat kita pelajari dari prinsip Tuhan Yesus mengenai melayani.


1. Seorang yang Mau Melayani adalah Orang Besar (Mat 20:26)

Terkadang kita berpikir bahwa seorang pelayan adalah seorang yang kecil, hina nggak berkelas, rendah, dlsb. Namun firman Tuhan berkata bahwa seorang yang melayani adalah seorang yang besar. Apa maksudnya?

Pepatah mengatakan bahwa kebesaran yang sesungguhnya berawal dari melayani. Kalau kita lihat dalam bahasa asli, Yesus menggunakan kata diakonos. Diakonos berarti pelayan meja yang bertugas untuk melayani sebagai pelayan dapur, yang menantikan perintah di sekitar meja makan (diakoneo).

Ini bukan pekerjaan yang menyenangkan, karena seringkali ia akan menerima dampratan dari orang yang merasa kurang puas dilayani.

Dalam arti luas kata ini menyatakan seseorang yang memperhatikan kebutuhan orang lain, kemudian berupaya untuk dapat menolong memenuhi kebutuhan itu (Luk 22:27; Yoh. 12:26; 1 Tim. 3:13). Jangan pernah berkata bahwa kita telah melayani Tuhan kalau kita belum bisa menjadi diakonos yang mementingkan dan memperhatikan kebutuhan orang lain. Sebab ketika kita memperhatikan kebutuhan orang lain kita sesungguhnya sedang melayani Tuhan (Matius 25:40)

Hal ini berbicara bahwa seorang yang melayani adalah seseorang yang  mau mementingkan kepentingan orang lain. Orang seperti ini dilihat Tuhan sebagai orang besar. Karena tidak mudah untuk melakukan hal tersebut ada pengorbanan yang harus diberikan. Baik tenaga, pikiran terlebih hati. Yesus mengatakan bahwa orang yang melayani adalah orang yang besar karena orang yang mau melayani harus memiliki kebesaran hati. Tuhan tidak pernah melihat kita dari rupa kita, kemampuan kita atau apa yang telah kita lakukan, namuan dia melihat hati.

Sebuah pepatah mengatakan bahwa “jika Tuhan ingin mengukur kebesaran seseorang, Dia akan meletakan karet di sekeliling hati bukan kepala”. Tuhan kita adalah Tuhan yang melihat hati, karena hati adalah pusat kehidupan yang dari sanalah terpancar kehidupan yang sesungguhnya dari orang tersebut.

Jika Tuhan melihat hati orang yang mau melayani dan memiliki kebesaran hati untuk melakukannya, maka Tuhan tidak segan-segan untuk mengangkat orang tersebut. Contohnya adalah Raja Daud. Milikilah sikap hati yang mau melayani, milikilah kebesaran hati untuk melayani, maka engkau adalah orang besar di hadapan Tuhan dan pada saatnya Tuhan akan mengangkat engkau.

2. Seorang Hamba adalah Seorang yang Terkemuka

Hal kedua ini lebih tidak masuk akal lagi. Bagaimana mungkin seorang hamba dapat menjadi seorang yang terkemuka. Hamba itu adalah posisi yang paling rendah. Bahkan kata yang dipakai oleh Yesus pada waktu mengucapkan hal ini adalah doulos yang berarti budak.

Pada zaman PB, seorang budak dapat dibeli atau dijual sebagai komoditi. David Watson menyatakan: “Seorang budak adalah seorang yang sama sekali tidak memiliki kepentingan diri sendiri. Dalam ketaatan penuh kerendahan hati ia hanya bisa berkata dan bertindak atas nama tuannya. Dalam hal ini tuannya berbicara dan bertindak melalui dia”. Benar-benar tak berdaya.

Dengan definisi seperti ini bagaimana mungkin Yesus berkata bahwa jika ingin menjadi terkemuka seseorang harus menjadi hamba/budak. Yang dimaksud Yesus bukanlah kita harus bekedudukan atau mengerjakan pekerjaan seperti layaknya seorang hamba, atau kasarnya kita semua harus menjadi pembantu, pegawai rendahan yang tidak punya daya sama sekali. Kita bukanlah hamba manusia, melainkan hamba Tuhan Raja di atas segala raja. Tuhan tetap menginginkan semua anakNya menjadi pemimpin, menjadi kepala dan bukan ekor. Yang dimaksud Yesus disini adalah sikap hati seorang hamba.

Seorang hamba adalah seorang yang mau melayani dengan kerendahan hati dia tidak memikirkan kepentingan sendiri. Seseorang yang memiliki sikap hati seperti inilah yang dicari Tuhan. Matius 23:12 mengatakan bahwa “barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.” Tuhan tidak akan mengangkat orang-orang yang sombong, tetapi Ia akan mengangkat orang yang rendah hati. Oleh karena itu jadilah orang yang rendah hati dan tidak egois. Hingga pada saatnya engkau akan ditinggikan.

Beberapa contoh dari tokoh Alkitab yang awalnya adalah seorang hamba, namun kemudian dia menjadi seorang pemimpin besar dan terkemuka.

Yosua adalah hamba Musa, namun karena ketaatannya dan sikap hati yang mau melayani maka dia diangkat Tuhan menjadi pengganti Musa dan memimpin bangsa Israel memasuki tanah perjanjian (Yosua 1:1-2).

Elisa adalah hamba Elia, dia memiliki sikap hati yang melayani, maka Tuhan mengangkat Elisa menggantikan Elia menjadi nabi (1 Raja 19:21).

Milikilah sikap hati seorang hamba yang rendah hati, taat, tidak mementingkan diri sendiri dan tulus melakukannya (tidak ada motivasi untuk naik pangkat dengan melakukan segala cara)

Melayani adalah berbicara mengenai sikap hati. Apapun yang kita lakukan dan apapun pekerjaan dan profesi kita, melayani adalah kunci untuk kita dapat menjadi seorang yang besar dan terkemuka. Tuhanlah yang meninggikan dan Tuhan yang merendahkan sesuai dengan sikap hati kita dihadapan Tuhan ketika kita melakukan segala sesuatu yang kita kerjakan. Tuhan tidak melihat apa yang kita lakukan melainkan dia melihat hati kita ketika kita melakukannya.

Melayani adalah sebuah gaya hidup orang kristen dalam setiap aktifitas kita setiap hari. Baik dalam keluarga kita maupun dalam pekerjaan apabila kita sudah bekerja. Milikilah sikap hati seorang pelayan, namun mentalitasnya seorang raja. Artinya ketika kita bekerja milikilah sikap hati yang mau dengan taat mengerjakannya, dengan kerendahan hati, dengan kebesaran hati, tetapi mental seorang raja, seorang pemimpin yang terus berpikir untuk kemajuan pelayanan atau pekerjaan kita.

Menjadi besar dan terkemuka adalah dampak dari sikap hati yang melayani, itu bukan tujuan kita melayani. Melayani bukan untuk membuat kita menjadi besar dan terkenal, melainkan melayani adalah sesuatu yang kita lakukan dan berdampak besar buat orang-orang dan lingkungan yang ada di sekitar kita.

Posting Komentar untuk " Sikap Hati dalam Melayani Tuhan"