Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berserah Bukan Berarti Menyerah

Berserah dan menyerah merupakan dua hal yang berbeda. Menyerah artinya ketika kita sedang melakukan sesuatu kemudian ada halangan atau rintangan, maka kita menghentikan total usaha kita. Berbeda dengan berserah, berserah berarti tetap melakukan hal yang terbaik yang bisa kita lakukan walaupun ada halangan dan rintangan.

Amsal 16:3 Serahkanlah perbuatanmu kepada TUHAN, maka terlaksanalah segala rencanamu.

Berserah berarti menyerahkan hasil dari usaha kita sepenuhnya kepada pihak yang lebih berwenang mengaturnya. Kalau berbicara tentang kehidupan berarti pihak yang berwenang sepenuhnya atas hidup kita adalah Tuhan. Jadi jelas kepada Tuhanlah kita wajib berserah sepenuhnya.

Pertanyaan yang sering muncul adalah kenapa kita harus berserah? Jawabannya jelas, karena manusia tidak akan mampu berjalan sendiri dalam kehidupan ini. Banyak tantangan dan bahkan banyak jerat yang dipasang oleh musuh kita untuk menjatuhkan manusia dan membuat manusia gagal mencapai tujuan yang daripada Tuhan. Sedangkan kekuatan manusia sangatlah terbatas.

Keterbatasan kekuatan manusia sudah dapat kita lihat dari jaman manusia pertama, yakni Adam dan Hawa. Mereka tidak tahan terhadap godaan iblis, sehingga mereka jatuh ke dalam dosa. Mereka tidak tahu bagaimana melawan godaan tersebut. Mereka lupa akan perintah Tuhan karena melihat godaan itu sangatlah menarik hati mereka. Mereka lupa bahwa mereka harus berserah sepenuhnya kepada Tuhan.

Hal semacam ini masih sering terjadi dalam kehidupan manusia. Bentuk godaan dan jebakan iblis itu berbeda-beda bagi setiap manusia. Namun, kunci melawan godaan tersebut tetaplah sama. Berserah kepada Tuhan dan taati firmannya. Hal itulah yang akan menjaga kita agar tidak terlena terhadap godaan yang iblis tawarkan.

Dunia ini sedang larut dalam kesesatannya. Dunia ini menampilkan banyak kebohongan. Hal ini wajar karena penguasa dunia ini sendiri, yakni iblis adalah bapa segala dusta. Banyak hal yang terlihat menarik namun sesungguhnya membawa kepada kehancuran. Kita harus waspada dan berserah kepada Tuhan. Berserah berarti kita perlu dekat dengan pribadi kepada siapa kita berserah. 

Mazmur 55:23 Serahkanlah kuatirmu kepada TUHAN, maka Ia akan memelihara engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang benar itu goyah.

Tuhanlah tempat kita berserah, jadi kita perlu dekat kepadaNya. Dengan demikian kita akan tahu mana yang benar dan mana yang menipu. Kita akan mampu membedakan mana yang harus kita lakukan dan mana yang harus kita hindari sebab itu hanyalah tipuan iblis untuk menjatuhkan kita.

Mazmur 37:5 Serahkanlah hidupmu kepada TUHAN dan percayalah kepada-Nya, dan Ia akan bertindak;

Berserah juga menuntut ketaatan kita kepada pihak dimana kita telah berserah. Ketika kita berserah kepada Tuhan berarti kita siap untuk taat kepada Tuhan apapun yang Dia perintahkan buat hidup kita. Berserah menuntut pula kepercayaan kita untuk memberikan hidup sepenuhnya kepadaNya.

Posting Komentar untuk " Berserah Bukan Berarti Menyerah"