Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rencana Tuhan adalah yang Tebaik

Manusia memang diciptakan sesuai dengan rencana Tuhan. Tuhan menciptakan manusia memiliki kehendak bebas, karena Tuhan tidak ingin manusia menjadi seperti robot. Namun hal itu bukan berarti pula bahwa manusia bisa seenaknya sendiri. 

Ada hukum-hukum dan peraturan-peraturan yang telah ditetapkan. Kehendak bebas dimaksudkan agar manusia dapat memilih untuk mematuhi peraturan tersebut atau tidak. Tuhan tidak ingin memaksa manusia untuk taat kepada Dia, Tuhan ingin manusia taat kepadaNya karena kesadaran sendiri dan berdasarkan kasih kepada Tuhan.

Manusia memang menjalani hidup dan memiliki rencana dalam kehidupannya masing-masing. Namun sejatinya Tuhan telah menyiapkan rencana yang indah bagi masing-masing manusia sejak ia diciptakan. Namun Tuhan tidak mau memaksa manusia untuk masuk dalam rencana Tuhan, tetapi Ia selalu menuntun kita untuk mengetahui dan masuk dalam rencana tersebut. Ini penting, sebab rencana Tuhan adalah rencana damai sejahtera dan bukan kecelakaan, rencana Tuhan adalah masa depan yang penuh dengan harapan.

Yeremia 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Mungkin sebagai manusia kita tidak dapat mengerti secara utuh kehidupan dan rencana Tuhan akan pribadi kita masing-masing. Disinilah diperlukan yang namanya iman. Iman akan membawa kita percaya dan berserah kepada Tuhan. Dengan iman kita percaya bahwa hidup kita ada dalam rencana Tuhan yang penuh damai sejahtera.

Saya secara pribadi terkadang mengalami ketidakmengertian dan kekuatiran dalam hidup mengenai masa depan. Bahkan seringkali banyak pertanyaan yang muncul dalam hati dan pikiran saya; “apa iya” atau “bener gak sih”. Tetapi diatas semua itu, satu hal yang saya percaya dan doakan adalah apabila itu sesuai dengan kehendak dan rencana Tuhan pasti terjadi dan sebaliknya seandainya tidak, saya berdoa agar hal tersebut jangan terjadi.

Tuhan selalu mengingatkan bahwa apabila kita dekat dengan Tuhan dan menaruh kehidupan kita dalam rencana Tuhan, maka kita akan mendapatkan yang terbaik. Walaupun terkadang yang terbaik menurut Tuhan tidaklah sama dengan keinginan kita. 

Saya percaya bahwa rencana Tuhan tidak akan pernah gagal. Saya hanya harus melakukan bagian saya. Fokus melayani dan biarkan Tuhan bekerja. Sebab kita tahu bahwa Tuhan turut bekerja dalam segala hal untuk mendatangkan kebaikan bagi setiap orang yang terpanggil sesuai dengan rencana Tuhan. 

Jadi bila kita menyerahkan dan mempercayakan hidup kita sepenuhnya kepada Tuhan, maka Dia akan turut bekerja dalam segala hal dan mendatangkan kebaikan buat kita. Percayalah bahwa rencana Tuhan adalah yang terbaik bagi hidup kita.

Posting Komentar untuk "Rencana Tuhan adalah yang Tebaik"