Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hidup dalam Terang Firman

Orang yang bijaksana bukanlah orang yang pintar secara kognitif, punya gelar sarjana serta memiliki titel yang panjang. Namun orang yang bijaksana adalah orang yang menjalani kehidupannya berdasarkan terang Firman Tuhan.

Matius 7:24 (TB)  "Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.

Kenapa kita perlu Firman dalam menjalani kehidupan ini?

Daud berkata kita ini orang asing didunia ini, kita perlu firman untuk menjalani kehidupan. Firman Tuhan yg disingkapkan akan menjadi terang.

Mazmur 119:130 (TB) "Bila tersingkap, firman-firman-Mu memberi terang, memberi pengertian orang-orang bodoh."

Firman itu memberi terang dan pengertian bahkan bagi orang-orang bodoh. Firman Tuhan itu seperti GPS yang menuntun di daerah yg kita tidak tahu jalannya sehingga kita bisa sampai ketempat dimana kita tuju.

Firman itu GPS kehidupan (God Positioning Sistem), yang akan mengarahkan kita kepada apa yang Tuhan mau, sampai kita berjumpa dengan Tuhan secara pribadi. Firman memberi pengertian bagi orang bodoh sehingga berubah jadi bijaksana.

Firman itu harus dilakukan agar berfungsi:

Yakobus 1:21-25 (TB)  

Sebab itu buanglah segala sesuatu yang kotor dan kejahatan yang begitu banyak itu dan terimalah dengan lemah lembut firman yang tertanam di dalam hatimu, yang berkuasa menyelamatkan jiwamu.

Tetapi hendaklah kamu menjadi pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; sebab jika tidak demikian kamu menipu diri sendiri.

Sebab jika seorang hanya mendengar firman saja dan tidak melakukannya, ia adalah seumpama seorang yang sedang mengamat-amati mukanya yang sebenarnya di depan cermin.

Baru saja ia memandang dirinya, ia sudah pergi atau ia segera lupa bagaimana rupanya.

Tetapi barangsiapa meneliti hukum yang sempurna, yaitu hukum yang memerdekakan orang, dan ia bertekun di dalamnya, jadi bukan hanya mendengar untuk melupakannya, tetapi sungguh-sungguh melakukannya, ia akan berbahagia oleh perbuatannya.

Ciri orang yg cinta Tuhan adalah cinta Firman dengan melakukan Firman dalam kehidupan ini.

Yohanes 14:15 (TB)  "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

Jika kita berkata mengasihi Tuhan tapi tidak mau melakukan Firman itu berarti kita berbohong dan tidak sungguh-sungguh mengasihi Tuhan. Di gereja saleh, keluar salah, di gereja berdoa, keluar berdosa, di gereja in the spirit, keluar indehoy

Dalam hal apa saja Firman itu menjadi terang?

1. Firman memberi hikmat

Hikmat itu berbeda dengan kepandaian. Kepandaian bisa diperoleh dari belajar disekolah, tapi hikmat hanya berasal dari takut akan Tuhan. Orang yg takut akan Tuhan diberi petunjuk oleh Tuhan melalui Firman. (Lurus, belok, lakulan, jangan, nanti dulu, dst)

Mazmur 19:8 "Taurat TUHAN itu sempurna, menyegarkan jiwa; peraturan TUHAN itu teguh, memberikan hikmat kepada orang yang tak berpengalaman."

Di dunia ini banyak persoalan yang harus dihadapi dengan hikmat dari Tuhan. Dengan hikmat kita akan menjadi berbeda dan punya kemampuan untuk menyelesaikan setiap persoalan dalam kehidupan.

Mazmur 119:97-100 

Betapa kucintai Taurat-Mu! Aku merenungkannya sepanjang hari.

Perintah-Mu membuat aku lebih bijaksana dari pada musuh-musuhku, sebab selama-lamanya itu ada padaku.

Aku lebih berakal budi dari pada semua pengajarku, sebab peringatan-peringatan-Mu kurenungkan.

Aku lebih mengerti dari pada orang-orang tua, sebab aku memegang titah-titah-Mu.

Dengan merenungkan Firman kita bisa lebih berhikmat dari musuh kita, lebih berakal Budi dari pengajar, lebih punya pengertian dari orang tua. Hidupi Firman maka kita akan menjadi orang tua yang berhikmat, pelayan Tuhan yang berhikmat, pegawai yang berhikmat dan lain sebagainya.

2. Firman memberi kekuatan roh

Matius 4:4 (TB)  Tetapi Yesus menjawab: "Ada tertulis: Manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah."

Hal ini bukan berarti bahwa kalau kita tidak makan nasi tetapi hanya baca firman kita akan terus hidup. Tetapi ayat ini mengingatkan kita bahwa manusia bukan hanya tubuh jasmani saja. Namun juga ada jiwa dan roh yang juga memerlukan makan. Firman Tuhan inilah makanan yang sehat bagi roh kita.

1 Tesalonika 5:23 (TB)  "Semoga Allah damai sejahtera menguduskan kamu seluruhnya dan semoga roh, jiwa dan tubuhmu terpelihara sempurna dengan tak bercacat pada kedatangan Yesus Kristus, Tuhan kita."

Makanan tubuh adalah nasi, sayur, lauk, dan sebagainya. Makanan jiwa itu pendidikan, hiburan, dan lain-lain. Makanan roh adalah Firman Tuhan. Manusia roh kita harus diberi makan agar menjadi kuat. Manusia jasmani bisa semakin lemah tetapi sebaliknya manusia roh kita bisa semakin kuat hari lepas hari

2 Korintus 4:16 (TB)  "Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari."

Contohnya:

Ibu rumah tangga, tua kurus namun kuat menghadapi persoalan hidup, karena manusia batiniahnya kuat oleh Firman

Sedangkan..

Pemuda bertato, kekar, baru putus cinta sudah nangis, mau bunuh diri karena tidak dikuasai Firman

Dalam penelitian kesehatan, orang yang hidup dekat dengan Tuhan dan cinta Firman, pikirannya jauh lebih tenang, stresnya turun sekitar 40% sedangkan daya tahan tubuhnya naik 40%, karena ketika dia membaca firman dia melihat ada pengharapan di dalam Tuhan.

3. Firman mengubah karakter

Ketika seseorang  membaca Firman Tuhan, merenungkan dan mempraktekan Firman tersebut maka akan ada sesuatu yang berubah dari orang tersebut.

2 Timotius 3:16 (TB)  Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Mazmur 119:9 (TB)  Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.

Kumpulkan 100 orang yang rajin membaca Firman dan 100 orang yang tidak suka membaca Firman, hasilnya pasti orang yang membaca Firman memiliki moralitas yang jauh lebih baik serta karakter yang lebih baik.

Yosua 1:8 (TB)  Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

Ingin berhasil dan beruntung ?

Baca Firman secara disiplin, Perkatakan firman mulai dari diri sendiri kemudian belajar bagikan firman. Renungkanlah Firman siang dan malam bukan pacar, bisnis, apalagi istri/suami tetangga. Kemudian belajar Lakukan Firman, belajar praktek Firman maka perjalanan kita akan berhasil dan beruntung.

Posting Komentar untuk "Hidup dalam Terang Firman"