Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sekedar Bekerja atau Bekerja Sekedarnya

Semua orang pasti setuju bahwa untuk memenuhi kebutuhan hidup, maka seseorang perlu bekerja. Lalu apakah cukup dengan sekedar bekerja atau bekerja sekedarnya? Ternyata tidak!! Sebagai orang percaya kita tidak diajarkan untuk sekedar bekerja atau bekerja sekedarnya. Sebab bekerja sangat erat hubungannya dengan Tuhan. 

Bekerja adalah Perintah Tuhan

Bekerja merupakan perintah Tuhan kepada manusia sejak dari awal penciptaan. Adam diperintahkan Tuhan untuk bekerja memelihara taman Eden. Jadi pada saat kita bekerja sesungguhnya kita sedang taat akan perintah Tuhan. 

Ketaatan kita akan perintah Tuhan inilah yang akan membawa kita meraih rejeki yang Tuhan telah siapkan. Karena bekerja adalah perintah Tuhan, maka kita tidak boleh bekerja sekedarnya. Namun bekerja dengan sebaik-baiknya agar dapat menyenangkan hati Tuhan yang memberi perintah untuk bekerja. 

Bekerja Pasti Mendatangkan Berkat

Apapun pekerjaan kita, asalkan kita kerjakan dengan sungguh pasti akan membawa berkat bagi hidup kita. Tak perlu kuatir bahwa kita akan kekurangan sebab janji Tuhan akan memelihara hidup kita. 

Matius 6:25-26 (TB)  "Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?
Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?

Ayat Alkitab diatas adalah janji pemeliharaan Tuhan atas kebutuhan hidup kita yang pasti akan Tuhan cukupkan. Namun ayat diatas bukan sedang mengajarkan orang untuk malas dan tidak mau bekerja. 

Burung-burung dilangit memang tidak pernah bekerja seperti manusia untuk mendapatkan makanan. Namun mereka tetaplah "bekerja". Tuhan tidak memberikan makanan mereka jatuh dari langit memenuhi sarang mereka. Burung-burung tersebut tetap harus mencari makanannya. 

Yang menjadi luar biasa adalah bahwa ketika mereka mencari makanan maka mereka selalu mendapatkannya dan tak pernah kehabisan makanan. Inilah pemeliharaan Tuhan. Asal kita mau bergerak menjemput berkat Tuhan, maka kita akan selalu menemukannya. 



Kemampuan Bekerja Berasal dari Tuhan

Mungkin sebagian orang ada yang berpikir bahwa mereka tidak punya cukup kemampuan untuk bekerja sehingga sulit untuk mendapat pekerjaan. Pada akhirnya mereka akan sulit memenuhi kebutuhan hidup. Apakah benar demikian? Bagaimana Alkitab menjawab hal ini? 

Alasan tidak punya kemampuan bekerja hanyalah sebuah alasan belakang tanpa landasan yang benar. Sebab di dalam Alkitab jelas mengatakan bahwa kemampuan bekerja itu datangnya dari Tuhan. Jadi persoalan sesungguhnya bukanlah kemampuan untuk bekerja tetapi kemauan untuk bekerja. Asalkan seseorang memiliki kemauan untuk bekerja, maka Tuhanlah yang akan memampukannya. 

Keluaran 35:31 (TB)  dan telah memenuhinya dengan Roh Allah, dengan keahlian, pengertian dan pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan,

Ayat diatas merupakan salah satu ayat yang menegaskan bagi kita bahwa Tuhan sendirilah yang memberi kemampuan kepada seseorang untuk bekerja. Bagian kita adalah menemukannya dan mau menggunakan kemampuan tersebut untuk bekerja. 

Lebih dalam lagi dari sekedar kemauan bekerja adalah kesadaran bahwa jika kemampuannya bekerja adalah pemberian Tuhan, maka seseorang bukan hanya sekedar mau bekerja namun mau bekerja dengan sungguh-sungguh. Bukan sekedar bekerja atau bekerja sekedarnya. Bagaimana dengan kita? Selamat merenungkan, Tuhan Yesus memberkati.. 

Posting Komentar untuk "Sekedar Bekerja atau Bekerja Sekedarnya"