Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciptaan Tuhan yang Jarang Kita Sadari dan Hargai

Dalam kitab Kejadian ditulis kisah penciptaan dunia dan segala isinya. Mulai dari terang, cakrawala, darat dan laut, segala tumbuhan, segala binatang dan juga manusia. Namun ada satu hal yang juga diciptakan oleh Tuhan yang jarang kita sadari bahkan jarang kita hargai. Ia bernama waktu.

Pada kisah penciptaan itu Tuhan juga menciptakan waktu sebagai penanda kehidupan manusia. Waktu diciptakan Tuhan menjadi sebuah dimensi kehidupan manusia. Berbeda dengan Tuhan yang tidak terbatas ruang dan waktu. Kehidupan manusia dibatasi oleh masa dan waktu.

Kejadian 1:14 Berfirmanlah Allah: "Jadilah benda-benda penerang pada cakrawala untuk memisahkan siang dari malam. Biarlah benda-benda penerang itu menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap dan hari-hari dan tahun-tahun,

Dalam ayat tersebut jelas dikatakan bahwa Tuhan tidak hanya menciptakan benda penerang untuk menerangi bumi. Namun, Tuhan menciptakan benda penerang dengan maksud menjadi tanda yang menunjukkan masa-masa yang tetap, hari-hari dan tahun-tahun. Pada waktu itulah Tuhan menciptakan waktu untuk menjadi penanda kehidupan manusia.

Waktu ini juga dipandang Tuhan sebagai sesuatu yang baik. Hal yang sama disampaikan Tuhan untuk semua ciptaan-Nya yang lain, bahwa segala yang diciptakan-Nya adalah baik. Namun berjalannya waktu, ada banyak kita jumpai manusia yang tidak bisa menghargai waktu.

Semua manusia diberikan waktu yang sama setiap harinya. 24 jam dalam sehari yang seharusnya bisa kita manfaatkan dengan baik. Apalagi jika kita menyadari bahwa waktu juga adalah ciptaan Tuhan. Artinya Tuhan ingin kita sebagai manusia dapat menguasai dan menggunakan waktu tersebut dengan baik.

Tahukah kita bahwa kualitas kehidupan kita bukan ditentukan seberapa panjang waktu kita hidup atau seberapa panjang umur kita. Namun kualitas hidup kita ditentukan dari bagaimana kita bisa mengisi waktu yang Tuhan sudah berikan dalam hidup kita dengan baik.

Yesus menjalani waktu di dunia ini dengan waktu yang singkat. Tiga puluh tiga setengah tahun Yesus menjalani kehidupan di dunia. Tetapi kita bisa melihat bahwa Yesus menjalani kehidupan dengan sangat efektif. Dengan banyak karya yang Yesus lakukan selama di dunia. Bahkan dampaknya masih bisa kita nikmati sampai hari ini.

Henokh menjalani hidup di dunia selama lebih dari tiga ratus tahun. Dan Henokh membawa hidupnya bergaul karib dengan Tuhan, sehingga Henokh diangkat ke Surga. Waktu yang tidak singkat, namun Henokh tanpa lelah membawa hidupnya bersekutu dengan Tuhan dan memiliki hidup yang berkualitas.

Dari contoh diatas kita bisa belajar bahwa pendek atau panjangnya waktu hidup kita, bukanlah sebuah persoalan. Hal yang menjadi persoalan adalah bagaimana kita mengisi waktu hidup kita tersebut. Apakah kita mengisi dengan hal-hal yang benar dan baik atau sebaliknya kita mengisi dengan hal-hal jahat dan tidak bermanfaat bahkan hal-hal yang sia-sia.

Melalui renungan kristen hari ini, mari kita sejenak merenungkan kehidupan kita. Bagaimana sikap kita terhadap waktu yang Tuhan sudah berikan bagi hidup kita? Apakah kita sudah memanfaatkannya dengan baik atau justru sebaliknya?

Marilah kita belajar menggunakan waktu dalam hidup kita dengan bijak. Sebab apa yang kita kerjakan di dunia ini suatu saat harus kita pertanggungjawabkan di hadapan Tuhan. Pengkhotbah 12:13-14 Akhir kata dari segala yang didengar ialah: takutlah akan Allah dan berpeganglah pada perintah-perintah-Nya, karena ini adalah kewajiban setiap orang. Karena Allah akan membawa setiap perbuatan ke pengadilan yang berlaku atas segala sesuatu yang tersembunyi, entah itu baik, entah itu jahat.

Belajarlah mengatur waktu kita dengan baik. Buatlah jadwal harian yang bisa menjadi acuan kegiatan kita sehari-hari. Hal ini dapat membuat hidup kita menjadi lebih produktif. Membuat jadwal harian sekarang ini tidaklah terlalu sulit. Saat ini ada banyak aplikasi jadwal yang dapat membantu kita membuat jadwal kegiatan kita sehari-hari. Bahkan bisa diatur sebagai pengingat agar kita tidak lupa dengan apa yang mesti kita kerjakan.

Oleh sebab itu, tidak ada alasan untuk kita tidak bisa mengatur waktu dengan baik dan menggunakannya untuk hal yang benar dan baik. Hanya dengan menggunakan dan mengatur waktu dengan baiklah, kita sedang menghargai waktu yang Tuhan sudah ciptakan dan berikan bagi kita. Selamat merenungkan, Tuhan Yesus memberkati..

Posting Komentar untuk "Ciptaan Tuhan yang Jarang Kita Sadari dan Hargai"