Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Doa Meminta Masalah

Hai sobat remakehidupan semuanya..

Judul hari ini mungkin membuat kita bertanya-tanya apa maksudnya? Doa kok meminta masalah? Apa salah ketik kali? Harusnya Doa untuk menghadapi masalah atau doa meminta pertolongan ketika ada masalah. 

Nggak kok kalian gak salah baca dan juga itu bukan salah ketik. Sebab ini adalah kisah nyata dari seorang teman semasa kuliah dulu. Dia memang benar-benar berdoa meminta masalah.

Jadi ada seorang teman semasa kuliah yang merasa hidupnya baik-baik saja. Tidak ada persoalan yang berarti waktu itu. Keluarga baik-baik saja, pendidikan oke, bahkan sudah punya pacar dan hubungannya sangat baik. Kemudian suatu hari dia merenung dan berpikir bahwa hidupnya datar. Hidupnya gak seru dan kurang menantang katanya.

Dia mulai melihat teman-teman kuliahnya yang hampir semuanya memiliki persoalan dan pergumulan hidup. Ada yang bergumul tentang biaya kuliah, ada yang bergumul tentang keluarganya yang berantakan, ada pula yang bergumul persoalan dengan pacarnya. Dia melihat bahwa hidup mereka seru dan penuh perjuangan. Sedangkan dia sendiri tidak merasakan keseruan menjalani hidup seperti teman-temannya itu.

Ditengah perenungan dan pemikirannya mengenai hal tersebut, terbersit keinginan untuk meminta masalah. Dia berkata “kayaknya seru deh kalau aku punya masalah”. Mulai dari saat itu, ketika dia berdoa maka tersisip doa meminta permasalahan seperti teman-temannya.

Dia tidak berdoa secara spesifik untuk masalah apa yang dimintanya. Dia hanya meminta diijinkan untuk memiliki masalah agar hidupnya lebih berwarna. Selang beberapa waktu, ternyata doanya dijawab oleh Tuhan. Dia mulai menghadapi masalah. Dan tahukah teman-teman, masalah yang datang kepadanya merupakan masalah yang paling berat untuk dihadapi oleh seorang pemuda waktu itu.

Masalahnya adalah hubungan dengan pacarnya. Hubungan dengan pacarnya mulai ada konflik. Kebetulan mereka berasal dari suku yang berbeda dan terpaut usia yang cukup jauh juga. Dari situ mulai muncul persoalan mengenai kepastian masa depan dari hubungan mereka. Sebab sebentar lagi mereka akan berpisah untuk kembali kedaerah masing-masing. 

Entah bagaimana prosesnya, namun pada akhirnya mereka berdua memutuskan untuk mengakhiri hubungan mereka. Sejak saat itu teman saya ini mulai agak murung dan sedih hatinya. Namun suatu hari dia ingat bahwa dia sendiri yang meminta permasalahan. Jadi kalau memang itu terjadi ya sudah harus dijalani sebab itu memanglah permintaannya.

Ketika dia bercerita mengenai hal ini, satu hal yang membuat dia cukup terkejut pada waktu itu adalah, karena masalah yang datang itu tidak pernah dipikirkannya akan terjadi. Dia berpikir masalah yang akan datang hanyalah seputar kuliahnya atau mungkin hubungan dengan teman-teman dan sebagainya. Namun sama sekali tidak mengira justru masalah yang datang adalah masalah dengan pacarnya.

Masalah yang cukup berat untuk dihadapinya waktu itu, mengingat itu adalah pacar pertamanya dan hubungan mereka pun selalu dibawa dalam doa. Oleh sebab itulah dia tidak pernah mengira persoalan itu yang justru datang menimpanya waktu itu. Mulai dari saat itu, dia menyadari bahwa sesungguhnya persoalan hidup itu tidak perlu dicari atau diminta. Masalah itu akan datang dengan sendirinya dan tanpa permisi.

Bagaimana nih dengan teman-teman semua? Mau mencoba seperti teman saya itu? Berdoa meminta masalah? 

Ingatlah bahwa kita hidup didunia yang digambarkan sebagai lembah air mata. Artinya dunia ini memang tempat terjadinya masalah, jadi tidak perlu meminta pun itu akan datang dengan sendirinya.. 

Lagipula berdoa bukan hanya bertujuan untuk meminta, namun lebih dari itu, yakni membangun hubungan secara pribadi dengan Tuhan.

Baca: Manfaat dan Tujuan Berdoa

Posting Komentar untuk "Doa Meminta Masalah"