Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenaikan Yesus Ke Surga Membawa Harapan Baru

Kenaikan Yesus ke Surga merupakan sesuatu yang penting bagi iman Kristen. Kenaikan Yesus membawa harapan baru bagi orang percaya. Harapan kita sebagai orang percaya tidak lagi hanya sebatas harapan didunia ini, namun harapan kita adalah kehidupan kekal di tempat yang disediakan Tuhan bagi kita

Kenaikan Yesus menunjukkan Tuhan melayakkan kita masuk surga. Yesus berkata bahwa Dia pergi ke rumah Bapa untuk menyediakan tempat bagi kita. Tempat yang disediakan bagi barangsiapa mau percaya kepada Yesus.

Pengharapan Bagi Orang Percaya

Yohanes 14:2 (TB)  Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.

Ada banyak cara dan jalan yang dibuat orang supaya masuk Surga, tetapi hanya Yesus jalan menuju Surga. Inilah yang dikatakan Firman Tuhan bagi kita. Firman Tuhan yang tidak akan berubah.

Situasi dan kondisi manusia akan terus berubah dan berganti. Misalkan saja dalam bidang teknologi. Semua bisa saja terus berubah. Sebut saja handphone atau smartphone yang terus berganti. Setiap bulan akan selalu muncul seri terbaru dengan berbagai pembaharuan fitur.

Dunia memang terus berganti, tapi Firman Tuhan tetap selamanya. Oleh karena itu, kita dapat percaya kepada perkataan Firman Tuhan. Demikian juga kita percaya Firman Tuhan yang menyatakan harapan akan kehidupan kekal bersama Tuhan.

Harapan inilah yang ingin Tuhan tegaskan kepada kita orang yang percaya kepada Yesus Kristus Tuhan. Setelah bangkit dari antara orang mati, Yesus tidak menunjukkan diri kepada semua orang, namun Dia menunjukkan diri kepada para murid dan pengikut-pengikutNya.

Yesus Kristus memang mati dan bangkit untuk semua orang, tetapi tempat dalam kerajaan Surga adalah bagi mereka yang mau percaya kepadaNya. Inilah yang ingin ditegaskan oleh Yesus sebelum Dia naik ke Surga. Yesus ingin mengubah harapan para murid.

Pengharapan Membuat Kita Mengarahkan Hidup Kepada Tuhan

Harapan para murid diubah, dari  harapan untuk menjadikan Yesus sebagai raja Israel kepada harapan  Yesus yang menyediakan tempat di Surga. Harapan murid-murid muncul karena memang seringkali yang lebih dulu menguasai pikiran dan hati manusia adalah hal-hal duniawi.

Hal ini karena yang lebih sering didengar adalah cerita-cerita duniawi, sehingga Firman tidak mendapat tempat dalam hati dan pikiran. Para murid memang selalu bersama Yesus dan sering mendengar perkataan Firman yang Yesus sampaikan. Tetapi mereka kerap kali salah mengerti akan Firman yang disampaikan Yesus.

Dari sini kita juga belajar akan perlunya pengertian Firman Tuhan yang benar, sebab jika tidak mendapat pengertian yang benar, bisa saja Firman Tuhan dimengerti dengan cara berbeda. Bahkan bisa saja Firman Tuhan tidak lagi mendapat tempat dalam hati dan pikiran.

Apabila sudah demikian, maka sesering apapun kita mendengar Firman, tidak akan membuat kita berubah dan mengerti kehendak Tuhan. Sebaliknya kita hanya akan memuaskan keinginan kita sendiri seperti para murid yang hanya mengharapkan sesuatu yang bersifat duniawi.

Kisah Para Rasul 1:6 (TB)  Maka bertanyalah mereka yang berkumpul di situ: "Tuhan, maukah Engkau pada masa ini memulihkan kerajaan bagi Israel?"

Contoh lain dari kurangnya pengertian Firman Tuhan adalah apa yang terjadi pada Yudas Iskariot. Sekian lama dia bersama Yesus tidak mengubah hidupnya menjadi lebih baik. Padahal sebelum melakukan pengkhianatan, Yesus sudah beberapa kali mengingatkannya.

Penting bagi kita untuk memiliki pengertian dan pemahan yang benar akan Firman Tuhan. Arahkanlah pikiran kita kepada Tuhan, jangan kepada hal-hal duniawi seperti murid-murid. Pandanglah pengharapan yang Tuhan telahsediakan bagi kita.

Kolose 3:1-4 (TB)  Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi. Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah. Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.

Selagi ada didunia ini belajarlah mengarahkan hidup kita kepada apa yang Tuhan kehendaki bukan hanya kepada apa yang kita inginkan. Pikirkan baik-baik kesempatan apa yang masih bisa kita lakukan untuk kemuliaan Tuhan. Ingat bahwa Tuhan sudah naik ke Surga untuk memberikan tempat terbaik dalam Rumah Bapa di Surga

Posting Komentar untuk "Kenaikan Yesus Ke Surga Membawa Harapan Baru"