Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Utama Meraih Kesuksesan Hidup

Ada begitu banyak artikel tentang kesuksesan yang bisa kita baca, tidak sedikit pula buku yang membahas mengenai kunci untuk meraih kesuksesan hidup. Namun tidak sedikit pula yang melupakan bahwa prinsip kesuksesan tidak bisa lepas dari Tuhan. Sebab kesuksesan sejati itu berasal dari Allah. Firman Tuhan mengingatkan bahwa sekalipun orang bisa memiliki seluruh dunia ini, namun jika dia kehilangan nyawanya apakah gunanya itu. Maksudnya adalah sekalipun seorang bisa sangat sukses di dunia ini, namun bila orang tersebut jauh dari Tuhan dan pada akhirnya binasa dalam api neraka, apakah gunanya?

Hal ini bukanlah berarti kita tidak boleh menjadi sukses seperti orang lain. Justru sebaliknya, Tuhan ingin kita dapat menjadi orang yang sukses, menjadi kepala dan bukan ekor, tetap naik dan tidak turun. Yang tidak boleh adalah bahwa kita karena ingin sukses kemudian melakukan segala cara termasuk hal-hal yang tidak berkenan kepada Tuhan. Tuhan ingin kita berjuang meraih kesuksesan dalam dasar kebenaran.

Kesuksesan sendiri adalah perjuangan. Tidak ada kesuksesan yang datang dalam sekejap mata. Segala sesutau perlu proses dalam hidup ini. Motivasi kesuksesan adalah salah satu motor yang dapat mendorong seseorang untuk terus berjuang meraih kesuksesan. Motivasi tersebut biasanya muncul dari arti atau makna sebuah kesuksesan itu sendiri bagi seseorang.

Jika bagi seseorang arti sebuah kesuksesan hanya untuk membuktikan diri kepada orang lain yang mungkin selama ini memandang rendah dirinya, maka motivasi orang tersebut sesungguhnya hanya untuk membalas rasa sakit hati atas hinaan orang lain terhadap dirinya. Dengan demikian dalam perjuangannya untuk sukses akan terus digerakan oleh motivasi tersebut. Motivasi semacam ini tentulah tidak baik bahkan tidak sesuai dengan kebenaran. Mungkin saja dia akan berhasil, namun dia akan tetap berdiri dalam dasar yang tidak benar.

Lalu bagaimana sikap kita yang benar dalam meraih kesuksesan? 

Landasan yang benar dalam meraih kesuksesan tentunya adalah Firman Tuhan. Mari kita belajar beberapa ayat di bawah ini yang berbicara tentang kesuksesan atau keberhasilan dalam hidup.

Mazmur 1:2-3
“tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.
Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil”



Merenungkan Firman Tuhan Siang dan Malam

Dasar yang benar untuk berhasil dalam hidup ini adalah dengan merenungkan Firman Tuhan siang dan malam. Arti kata merenung itu sendiri adalah memikirkan lebih mendalam tentang suatu hal. Bila diibaratkan dalam proses pencernaan maka merenung bisa di gambarkan dengan mengunyah makanan. Pada saat mengunyah itulah kita bisa merasakan dan menikmati makanan yang kita makan. Pada waktu kita merenungkan Firman Tuhan itulah kita sedang merasakan dan menikmati Firman itu yang kemudian kita dapat masukkan Firman itu dalam hati dan pikiran kita.

Manfaat merenung adalah kita dapat memperoleh kekuatan, kesegaran dalam berpikir, hikmat dan ide untuk kita bisa kembali berjuang meraih kesuksesan dalam hidup kita. Merenungkan Firman juga bermanfaat untuk meluruskan kembali motivasi hidup kita dalam meraih kesuksesan. 


Yosua 1:8
“Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.”

Bertindak Hati-hati Sesuai Firman Tuhan

Yosua 1:8 menjelaskan langkah selanjutnya setelah membaca, memperkatakan, dan merenungkan yaitu bertindak hati-hati sesuai dengan Firman Tuhan. Merenungkan Firman akan membuat kita memperoleh sesuatu yang baik untuk meraih kesuksesan seperti kekuatan, motivasi, hikmat, ide dan lain sebagainya. Hal-hal yang kita dapat dalam proses merenungkan Firman itulah yang dapat kita gunakan sebagai dasar untuk kita bertindak.

Dengan melakukan hal tersebutlah perjalanan kita akan berhasil bahkan beruntung. Jadi bukan sekadar merenung kemudian tidak ada tindakan nyata untuk mencapai sukses, melainkan dari hasil perenungan kita itulah kita bertindak atau mengerjakan bagian kita dengan hati-hati sesuai Firman Tuhan. Iman itu bukan sekadar angan-angan. Iman itu terwujud dalam tindakan nyata sedangkan angan-angan hanya ada dalam hati dan pikiran.

Bertindak berarti melakukan aksi atau sesuatu hal untuk meraih kesuksesan hidup. Akan sangat keliru bila orang menafsirkan ayat-ayat di atas dengan berkata bahwa membaca dan merenungkan Firman saja sudah cukup untuk meraih sukses. Kesuksesan perlu usaha dan tindakan nyata, namun kesuksesan bagi orang percaya harus mempunyai dasar yang benar. Sehingga kita bukan hanya sekedar sukses namun juga dapat menyenangkan hati Tuhan karena kita berjalan dalam kebenaran.

Kunci Utama meraih kesuksesan hidup bagi kita orang percaya adalah dengan membaca, memperkatakan dan merenungkan Firman kemudian bertindak hati-hati sesuai dengan Firman Tuhan tersebut. Selamat berjuang meraih kesuksesan dalam dasar yang benar. Aminn. Tuhan Yesus Memberkati..

Posting Komentar untuk "Kunci Utama Meraih Kesuksesan Hidup"