Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkuasa Atas yang Menggoda

Ada banyak hal yang sangat menggoda iman kita. Hal-hal tersebut biasanya adalah sesuatu yang justru menjadi kelemahan setiap manusia sehingga ketika hal-hal itu datang kita tak kuasa untuk menolak godaan. Hal itu memang sangatlah wajar, Tuhan sendiri mangakui bahwa yang namanya dosa itu sangat menggoda.  Bahkan hal ini tertulis dari sejak jaman kejadian. Tuhan berkata pada Kain bahwa dosa itu memang sangat menggoda. Namun Tuhan juga berpesan disitu bahwa Kain dan juga kita semua umat manusia harus berkuasa atas dosa. Jangan malah kebalik bahwa kita yang dikuasai dosa. 

Kejadian 4:7 Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya."

Berkuasa terhadap sesuatu yang menggoda merupakan hal yang sangat sulit. Sebab hal yang ditawarkan pastilah hal yang sangat menyenangkan atau boleh dikatakan nikmat. Namun, dibalik semua itu tersembunyi kehancuran yang siap diberikan kepada manusia sebab dengan melakukan hal tersebut berarti manusia tidak taat kepada Allah dan menjauhkan diri daripada Tuhan. Ingat bahwa Tuhan adalah kudus adanya, sehingga Dia tidak akan dapat dekat dengan orang yang cemar karena dosa. Dosa itu akan membuat jurang pemisah antara kita dengan Allah, sehingga bila terus dibiarkan hal tersebut akan menghancurkan hidup manusia.

Yeremia 5:25 "Kesalahanmu menghalangi semuanya ini, dan dosamu menghambat yang baik dari padamu."

Cara Berkuasa atas Dosa yang Menggoda

Ingatlah pesan Tuhan bahwa kita harus berkuasa atas dosa. Dengan cara bagaimana? Hidup bergaul dengan Allah dan melakukan hal-hal yang baik dan positif. Tuhan berkata juga bahwa kita harus berbuat hal-hal yang baik, jika tidak dosa sudah mengintip dalam hidup kita dan dia sangat menggoda. Hal ini bukan berarti semata-mata berbuat baik dengan kemampuan kita sendiri dapat membuat kita terhindar dari dosa. Namun yang dapat menghindarkan kita dari dosa adalah Tuhan sendiri. 

Oleh karena itu, kita perlu dekat dengan Tuhan. Apabila kita dekat dengan Tuhan, maka segala tindakan kita secara otomatis akan baik dan positif. Kita akan melakukan segala sesuatu dengan kasih, karena Allah adalah kasih. Dengan demikian, maka kita bisa menjaga diri kita dari dosa serta dapat menutup semua celah dalam hidup kita dimana dosa bisa menyelinap melewatinya.

Mazmr 62:6-9 Hanya pada Allah saja kiranya aku tenang, sebab dari pada-Nyalah harapanku. Hanya Dialah gunung batuku dan keselamatanku, kota bentengku, aku tidak akan goyah. Pada Allah ada keselamatanku dan kemuliaanku; gunung batu kekuatanku, tempat perlindunganku ialah Allah. Percayalah kepada-Nya setiap waktu, hai umat, curahkanlah isi hatimu di hadapan-Nya; Allah ialah tempat perlindungan kita.

Dengan kita mendekatkan diri kepada Tuhan sehingga hal yang kita lakukan merupakan hal-hal yang baik, maka kita dapat berkuasa atas dosa yang begitu menggoda itu. Hal itu terjadi karena kita dapat tahu dengan jelas bahwa dosa itu dibenci oleh Tuhan.

“Hubungan yang intim dengan Tuhan akan membuat kita bisa berkuasa atas dosa yang begitu menggoda.”

Posting Komentar untuk " Berkuasa Atas yang Menggoda"