Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hasrat Hidup yang Benar

Hasrat adalah keinginan hati yang kuat. Hal ini dapat mendorong seseorang untuk melakukan apa yang dia inginkan. Pertanyaan penting bagi setiap kita adalah apa hasrat yang kuat dalam hati dan hidup kita. Berbuat jahat atau benar. Apabila itu benar maka akan berbuah perbuatan benar bila itu jahat maka akan berbuah kepada perbuatan jahat. Roh Kudus akan selalu mengingatkan kita untuk memiliki hasrat hidup yang benar sesuai dengan kehendak Allah.

Hati-hati dengan hasrat yang ada di dalam hati kita, karena itu akan mendorong kita untuk melakukan apa yang menjadi hasrat kita. Manusia merupakan mahluk yang sarat dengan keinginan dan tidak pernah puas. Sayangnya keinginan manusia tidak semuanya baik. Bahkan setelah manusia jatuh dalam dosa, kecenderungan manusia adalah berbuat dosa. Hasrat hatinya memiliki kecenderungan untuk berbuat jahat. Hal inilah yang perlu diwaspadai.

Hasrat yang jahat yang tidak kita waspadai atau bahkan mungkin yang kita turuti terus menerus akan membawa kita kepada jurang kehancuran. Bahkan dengan tegas Tuhan berkata bahwa jika ada orang yang terus-menerus melakukan hasrat jahat itu Tuhan akan menyerahkan mereka kepada keinginan hati mereka yang jahat. Seperti yang tertulis dalam Roma 1:26, bahwa hasrat yang jahat adalah tak ubahnya sama dengan hawa nafsu yang jahat. Orang-orang seperti ini akan berujung kepada kehancuran hidup mereka sendiri.

Cara Untuk Dapat Memiliki Hasrat Hidup yang Benar

1. Menyelidiki Hasrat Hati Kita

Sebelum semua terlambat, baiklah kita menyelidiki hasrat hati kita. Tinggalkanlah keinginan-keinginan untuk berbuat jahat. Apalagi bila ternyata itu sudah menjadi hasrat yang kuat dalam diri kita. Mintalah Tuhan mengubah hasrat kuat dalam diri kita menjadi hasrat yang benar di hadapan Tuhan. Jangan sampai itu berlarut-larut sehingga Tuhan akan menyerahkan kepada kebinasaan oleh karena hasrat yang jahat itu.

2. Berlatih Mengarahkan Hidup pada Kebenaran

Berlatihlah dengan sungguh untuk dapat mengarahkan hasrat kita kepada kebenaran sehingga apa yang kita lakukan merupakan kebenaran. Hal ini dapat kita lakukan dengan berdoa dan membaca Firman. Dengan berdoa kita mengungkapkan hasrat kita kepada Tuhan. Sedangkan Firman Tuhan akan membuat kita mengerti hasrat yang benar sesuai dengan kehendak Tuhan. 

Bila kita hidup dalam kebenaran, maka Tuhan akan membawa kita kepada kemenangan hidup dan kelimpahan bukan kepada kebinasaan. Biarlah Roh Kudus mengontrol sepenuhnya hidup kita dan mengarahkannya kepada jalan kebenaran. Biarlah hasrat hati kita senantiasa sesuai dengan kebenaran Tuhan.

Mazmur 103:5 “Dia yang memuaskan hasratmu dengan kebaikan, sehingga masa mudamu menjadi baru seperti pada burung rajawali.”

Pada saat hidup kita berada dalam kendali Tuhan, maka Firman Tuhan dalam Mazmur 103:5 mengatakan bahwa Tuhan akan memuaskan hasrat kita dengan kebaikan. Ketika hasrat kita penuh dengan kebaikan Tuhan, maka perbuatan kita pun akan menjadi perbuatan yang baik. Hasrat hidup yang benar akan membawa hidup kita dalam jalan kebenaran. 


“Hasrat hati berpengaruh terhadap perbuatan dan tindakan kita, jadi milikilah hasrat hati untuk melakukan yang benar”

Posting Komentar untuk "Hasrat Hidup yang Benar"