Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara untuk Menjaga Pengharapan

Pengharapan adalah sesuatu yang selalu menarik dan tidak pernah usang. Setiap saat dalam hidup, kita selalu merangkai harapan dan doa agar keadaan hidup kita lebih baik dari hari ini. Sadar atau tidak setiap hari kita mengisi hidup kita dengan harapan. Persoalannya adalah seberapa besar kekuatan pengharapan itu menjadi pendorong kita untuk maju dan bagaimana cara agar pengharapan itu bisa terus kita jaga dalam perjalanan hidup kita?

Ada 2 jenis Pengharapan

1. Pengharapan lisan atau biasa disebut angan-angan.

2. Pengharapan yang diupayakan agar terwujud, biasa disebut dengan impian, cita-cita, visi atau tujuan.

Semua orang memiliki keduanya, namun persoalannya kebanyakan orang lebih suka berangan-angan dan takut bercita-cita apalagi menetapkan tujuan. Pengharapan yang berupa impian, cita-cita, visi atau tujuan inilah yang perlu kita kembangkan dan kita jaga agar menjadi kekuatan bagi kita untuk meraih keberhasilan. Dalam pengharapan tersebut kita bisa memandang jauh kedepan.

6 Cara untuk Menjaga Pengharapan

1. Tuliskan Harapanmu dalam Buku Harapan

Tuliskan harapanmu dalam sebuah buku khusus yang bisa dinamakan sebagai buku harapan. Bukan hanya sekedar ditulis namun berilah gambaran yang jelas mengenai harapanmu itu. Misalkan kamu punya harapan untuk memiliki rumah yang indah untuk keluargamu, maka gambarkan desain rumahnya, gambaran kamarnya, bentuk pintu, dsb sedetail mungkin. Lalu tempelkan gambar tersebut di buku harapanmu. 

2. Ungkapkan Harapanmu dalam Doa

Jangan hanya sekali diucapkan, terus menerus ulangi doa itu dalam setiap kesempatanmu berdialog dengan Tuhan. Doa adalah cara terbaik untuk mengikat harapanmu. Kekuatan doa adalah kekuatan tanpa tanding yang dapat menjaga harapan kita bahkan menolong kita dalam proses mewujudkan harapan tersebut. Mengapa doa penting? Sebab kita perlu tahu bahwa setiap kali kita berusaha, maka apapun yang kita gunakan untuk berusaha adalah milik Tuhan. Oleh karena itulah, kita perlu kekuatan dari Tuhan untuk menjaga dan mewujudkan setiap harapan kita.

3. Ceritakan Harapanmu pada Teman-teman yang Dapat Dipercaya

Carilah teman-teman yang menurutmu dapat dipercaya dan dapat membantumu mewujudkan harapan. Dengan demikian setiap kali kamu bertemu dengannya, maka itu akan mengingatkanmu pada harapan besarmu. 

4. Membantu Orang Lain Mencapai Harapannya

Membantu orang lain mencapai harapan mereka akan membuat kita semangat dalam menggapai harapan kita sendiri. Saat melihat seseorang bahagia karena telah mencapai harapannya dan kamu tahu bahwa kamu ikut membantunya mencapai harapan itu, maka hal itu akan membuatmu bahagia. Kebahagiaan seperti itulah yang akan menjadi energi tambahan bagimu untuk terus berjuang mencapai harapanmu.

5. Membuat Terminal Harapan

Membagi harapan besarmu dalam beberapa tahapan harapan yang lebih kecil dapat membuatmu memperoleh kekuatan kembali untuk manggapai harapan besarmu. Seperti seorang pendaki gunung yang membuat pos-pos peristirahatan sebelum mereka berhasil sampai ke puncak. Demikian pula dengan perjalananmu menggapai harapanmu. Kamu perlu istirahat sejenak dan menajamkan potensimu. Syukuri setiap perkembangan pencapaianmu dan evaluasi setiap kesalahan agar tidak kamu ulangi dalam perjalananmu selanjutnya.

6. Konsisten dan Percaya

Terkadang ketika kamu sedang semangat mencapai tujuan dan harapanmu, tiba-tiba datang seseorang yang sudah lebih sukses darimu lalu berkata bahwa caramu salah atau kurang tepat, terlalu lama dan melelahkan. Namun kamu perlu ingat bahwa setiap orang punya cara dan jalannya masing-masing untuk meraih kesuksesan. Dia bisa sukses dengan caranya itu, namun belum tentu kamu bisa lebih baik dan sukses dengan caranya. Seperti pepatah mengatakan bahwa setiap orang punya caranya, setiap negeri punya budayanya, tiap kolam lain ikannya. Maka dari itu, yakinlah bahwa kamu dapat sukses dengan caramu sendiri, tetaplah konsisten asal kamu tahu bahwa kamu sudah berada di jalur yang benar.

Ketika kamu dapat menjaga pengharapanmu tetap kuat dalam dirimu, maka itu akan menjadi energi positif bagimu untuk terus bergerak maju. Dengan demikian kesuksesan mencapai harapan itu hanya soal waktu saja dan suatu hari kamu pasti akan menggapai harapan-harapan itu dalam hidupmu.

Posting Komentar untuk "6 Cara untuk Menjaga Pengharapan"