Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hati Bagi Bangsa Tercinta

Bulan Agustus identik dengan bulan kemerdekaan karena pada tanggal 17 Agustus 2020 kemarin bangsa Indonesia memperingati hari kemerdekaan yang ke-75. Sebagai bagian dari bangsa ini apa yang dapat kita lakukan sebagai orang Kristen untuk bangsa tercinta? Hati bagi bangsa tercinta yang terwujud dalam tindakan nyata. Oleh karena itu, kali ini kita akan merenungkan dan belajar beberapa hal yang dapat kita lakukan bagi bangsa Indonesia. 

1. Berdoa bagi Bangsa

Daniel 9:20 “Sementara aku berbicara dan berdoa dan mengaku dosaku dan dosa bangsaku, bangsa Israel, dan menyampaikan ke hadapan TUHAN, Allahku, permohonanku bagi gunung kudus Allahku,”

Daniel pada masa pembuangan berdoa kepada Tuhan bagi bangsa Israel. Dia mengaku dosa dan memohon ampun atas dosa-dosa pribadi dan dosa-dosa bangsa Israel. Dia mewakili bangsanya berdoa kepada Tuhan. 

Doa adalah sesuatu yang sederhana namun sangat bermanfaat dapat kita berikan bagi bangsa kita. Mari terus kawal bangsa ini dengan doa. Berdoa agar Tuhan terus memberikan kemurahan dan kasih karunia-Nya bagi bangsa kita tercinta. Jangan hanya berdoa bagi pribadi kita, sempatkanlah juga untuk berdoa bagi bangsa ini.

Pada masa seperti sekarang ini dimana ada ancaman krisis sebagai dampak pandemi Covid19, bangsa ini membutuhkan doa-doa kita kepada Tuhan agar Tuhan menjaga dan memberi kemurahan. 

2. Taat kepada Pemerintah

Roma 13:1 Tiap-tiap orang harus takluk kepada pemerintah yang di atasnya, sebab tidak ada pemerintah, yang tidak berasal dari Allah; dan pemerintah-pemerintah yang ada, ditetapkan oleh Allah. 2. Sebab itu barangsiapa melawan pemerintah, ia melawan ketetapan Allah dan siapa yang melakukannya, akan mendatangkan hukuman atas dirinya. 3. Sebab jika seorang berbuat baik, ia tidak usah takut kepada pemerintah, hanya jika ia berbuat jahat. Maukah kamu hidup tanpa takut terhadap pemerintah? Perbuatlah apa yang baik dan kamu akan beroleh pujian dari padanya. 4. Karena pemerintah adalah hamba Allah untuk kebaikanmu. Tetapi jika engkau berbuat jahat, takutlah akan dia, karena tidak percuma pemerintah menyandang pedang. Pemerintah adalah hamba Allah untuk membalaskan murka Allah atas mereka yang berbuat jahat. 5. Sebab itu perlu kita menaklukkan diri, bukan saja oleh karena kemurkaan Allah, tetapi juga oleh karena suara hati kita. 6. Itulah juga sebabnya maka kamu membayar pajak. Karena mereka yang mengurus hal itu adalah pelayan-pelayan Allah. 7. Bayarlah kepada semua orang apa yang harus kamu bayar: pajak kepada orang yang berhak menerima pajak, cukai kepada orang yang berhak menerima cukai; rasa takut kepada orang yang berhak menerima rasa takut dan hormat kepada orang yang berhak menerima hormat.

Firman Tuhan mengingatkan kita agar taat kepada pemerintah. Mengapa?

•Semua pemerintah berasal dari Allah dan ditetapkan oleh Allah (ayat 1-2)

• Pemerintah adalah hamba Tuhan di dunia untuk menegakkan keadilan (ayat 4-5)

Cara praktis untuk taat kepada pemerintah

• Berbuat baik (tidak melanggar hukum)

• Melakukan kewajiban kita kepada pemerintah: bayar pajak, taat peraturan, menghormati 

3. Memiliki Cara Hidup yang Baik

I Petrus 2:11 Saudara-saudaraku yang kekasih, aku menasihati kamu, supaya sebagai pendatang dan perantau, kamu menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa. 12. Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka.

Petrus mengingatkan saudara-saudara seiman yang ada diperantauan untuk memiliki cara hidup yang baik ditengah-tengah bangsa bukan Yahudi supaya mereka dapat menjadi berkat dan nama Tuhan dipermuliakan. Karena mereka yang ada di perantauan tinggal sebagai minoritas.

Kita memang bukan orang asing di Indonesia, kita adalah warga Negara Indonesia. Namun kita hidup di Indonesia sebagai kelompok minoritas. Maka nasehat rasul Petrus pun dapat kita terapkan dalam hidup ditengah masyarakat di bangsa kita Indonesia.

Memiliki cara hidup yang baik akan memberikan teladan bagi orang-orang di sekitar kita, secara khusus bagi mereka yang belum mengenal Tuhan. Dengan memiliki cara hidup yang baik, orang akan melihat hidup kita dan memuliakan Tuhan. sebab hidup kita bukan kita lagi, tetapi kita membawa nama Tuhan didalam hidup kita. Hal ini juga dinyatakan dalam ayat Firman Tuhan Matius 5:16.

Matius 5:16 “Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

Seringkali kita hanya menuntut kepada bangsa dan pemerintah hak-hak yang kita rasa adalah bagian kita, namun kita lupa kewajiban kita dan bagian kita yaitu memberi apa yang dapat kita berikan bagi bangsa ini. Berilah hati bagi bangsa tercinta yang terwujud dalam doa kita, ketaatan kita dan cara hidup kita bisa menjadi jalan berkat bagi bangsa ini. Amin.. 

Posting Komentar untuk "Hati Bagi Bangsa Tercinta"