Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bangkit Bersama Kristus

Kebangkitan Kristus sudah mengalahkan maut, pertanyaannya apakah kita sudah bangkit bersama dengan Kristus? Jika sudah, apa yang harus kita lakukan?

Kolose 3:1-4 (TB) Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah. Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi. Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah. Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamu pun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.

Ayat di atas mengajarkan kita untuk mencari dan memikirkan perkara yang di atas (ayat 1-2) Apa maknanya?

Sederhananya adalah mencari perkara rohani, yaitu haus akan firman dan persekutuan dengan Tuhan. Kemudian membawanya kedalam pikiran kita sehingga kemudian firman Tuhan dan kehadiran Tuhan itu masuk dalam roh dan jiwa kita.

Hal ini penting sebab sesuatu yang ada didalam kita jauh lebih penting dari sesuatu yang ada diluar kita. Bahkan hal ini juga bisa kita jumpai dalam hal-hal sehari-hari, misalnya:

Dompet, mana yang lebih penting antara dompet dan isi dompet didalamnya? Tentu yang lebih penting adalah isi dompetnya kan? Meskipun tidak ada uang atau tidak banyak uang di dalamnya, namun pasti ada surat-surat berharga yang kita simpan didalam dompet tersebut, seperti KTP, SIM, STNK dan sebagainya.

Handphone juga memiliki prinsip yang sama dimana isi handphone itu lebih penting dari sekedar casingnya. Bahkan ada yang lebih penting lagi dari handphone itu sendiri, yaitu data-data yang tersimpan di dalam handphone tersebut. Seandainya kita kehilangan handphone tersebut mungkin kita bisa membeli lagi, namun yang pertama kita pikirkan dan coba selamatkan adalah data-data kita di dalamnya agar tidak jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggungjawab.

Rumah juga dapat menggambarkan hal yang sama. Semua barang yang kita anggap penting dan berharga tidak akan pernah kita simpan diluar rumah melainkan didalam rumah. Bahkan barang yang sangat istimewa akan kita simpan di tempat yang khusus juga. Jika Kristus adalah istimewa bagi hidup kita maka kita akan memberi tempat yang istimewa dalam hati dan hidup kita.

Sesuatu yang ada didalam hidup kita jauh lebih penting dari yang ada diluar. Keadaan diluar boleh berubah, krisis atau menakutkan, namun jika Kristus ada didalam diri kita maka itu jauh lebih penting, sebab Kristus adalah hidup kita. Bahkan kita tahu bahwa suatu hari tubuh kita akan kembali menjadi tanah, namun roh kita yang ada di dalam tubuh kembali kepada Tuhan. dan jika kita ada di dalam Kristus, kita akan dibangkitkan bersama dengan Kristus.

Ada sebuah filosofi yang dapat kita pelajari dari sebuah telur. Jika telur pecah dari luar, kehidupan berakhir, namun jika telur pecah dari dalam kehidupan akan dimulai. Sesuatu yang besar selalu lahir dari dalam.

Tak peduli sesulit apapun keadaan diluar hidup kita, asal kita punya Tuhan yang bangkit didalam diri kita, maka kita akan bangkit menjadi pemenang.

Belajar dari kehidupan dua tokoh Alkitab, yaitu Yusuf dan Paulus.

Yusuf

Dia memikirkan rencana Tuhan dan Firman Tuhan. Dia taruh visi Tuhan dalam hatinya, maka sekalipun dia harus melewati berbagai kesulitan dalam hidupnya dia selalu bisa tampil sebagai pemenang, sebab didalam dirinya ada Tuhan, ada janji Tuhan yang dia terus pikirkan dan pegang dalam hidupnya.

Paulus

Dia percaya bahwa hidupnya bukan dia lagi, tapi Kristus yang ada di dalam dirinya, maka dia kuat menghadapi badai kehidupan hingga dia bisa berkata "aku telah mengakhiri pertandingan iman dengan baik dan telah tersedia mahkota kehidupan"

Semua kekuatan tersebut berasal dari Tuhan, kekuatan dari surga yang dia pikirkan dan dia hayati dan dia simpan dalam roh dan jiwanya.

Maka, pastikan bahwa Kristus yang bangkit itu ada dalam hidup kita, firman dan janjinya kita pikirkan dan masukan dalam hati dan hidup kita, sehingga menjadi kekuatan dari dalam yang luar biasa. Keadaan diluar tidak akan bisa mengusik seseorang yang punya Tuhan didalam hidupnya.

Posting Komentar untuk "Bangkit Bersama Kristus"