Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Dalam Proses Kehidupan

Kehidupan ini akan selalu berproses, artinya setiap hari adalah kesempatan bagi kita untuk terus belajar dalam setiap proses yang kita alami. Jangan pernah letih untuk belajar. Sebab akan ada waktunya apa yang kita pelajari menjadi sebuah perubahan besar bagi hidup kita.

Apa yang kita pelajari hari ini mungkin rasanya seperti tidak berarti, tetapi bila sudah tiba waktunya bisa menjadi hal yang paling berarti. Seperti apa yang dialami oleh Yakub pada masa ia berada di rumah Laban, paman sekaligus mertuanya.

Perubahan dalam hidup Yakub selama berada dirunah Laban adalah ketika dia berhasil mendapatkan kambing domba Laban dengan sebuah trik. Yakub membuat perjanjian dengan Laban untuk menentukan upah kerjanya. Yakub meminta upah berupa kambing domba yang berbelang-belang dan berbintik-bintik.

Kejadian 30:31-33 (TB)  Kata Laban: "Apakah yang harus kuberikan kepadamu?" Jawab Yakub: "Tidak usah kauberikan apa-apa kepadaku; aku mau lagi menggembalakan kambing dombamu dan menjaganya, asal engkau mengizinkan hal ini kepadaku: Hari ini aku akan lewat dari tengah-tengah segala kambing dombamu dan akan mengasingkan dari situ setiap binatang yang berbintik-bintik dan berbelang-belang; segala domba yang hitam dan segala kambing yang berbelang-belang dan berbintik-bintik, itulah upahku. Dan kejujuranku akan terbukti di kemudian hari, apabila engkau datang memeriksa upahku: Segala yang tidak berbintik-bintik atau berbelang-belang di antara kambing-kambing dan yang tidak hitam di antara domba-domba, anggaplah itu tercuri olehku."

Kesepakatan yang pada akhirnya membuat Yakub sukses memiliki banyak kambing domba yang kuat. Pertanyaannya adalah mengapa Yakub begitu yakin bahwa dia akan mendapatkan banyak kambing domba yang berbintik-bintik dan berbelang-belang?


Setiap Hari Adalah Waktu Dan Kesempatan Untuk Terus Belajar

Tentu Yakub tidak sembarangan mengatakan hal itu kepada Laban. Yakub pasti sudah mempersiapkan dan memperhitungkan segala sesuatu. Trik itu bukanlah trik sembarangan atau hanya didasarkan pada sebuah keberuntungan semata. Yakub pasti telah mempelajarinya dengan seksama.

Selama bertahun-tahun Yakub bekerja menggembalakan kambing domba Laban. Selama bertahun-tahun inilah Yakub terus belajar mengenai kambing dan domba. Bahkan dia tentu hafal betul saat-saat dimana kambing domba itu biasa berkelamin. Trik yang dilakukan Yakub tentu dia pelajari juga pada masa-masa dia bekerja bagi Laban.

Yakub memperhatikan bagaimana ketika kambing domba itu berkelamin. Kemudian mungkin saja dia penasaran kenapa ada anak kambing yang terlahir berbintik-bintik dan berbelang-belang. Yakub meneliti hal itu dengan cermat setiap ada kesempatan. Sampai pada akhirnya dia menemukan bahwa anak kambing domba akan lahir berbintik-bintik dan berbelang-belang ketika berlamin didekat sesuatu yang juga berbintik-bintik dan berbelang-belang.

Teori itu kemudian Yakub uji berulang kali dengan berbagai eksperimen. Sampai suatu hari Yakub menemukan cara yang paling efektif dengan tingkat keberhasilan yang tinggi. Sebuah trik seperti yang kemudian dia lakukan untuk memperoleh kambing domba Laban.

Kejadian 30:37-39 (TB)  Lalu Yakub mengambil dahan hijau dari pohon hawar, pohon badam dan pohon berangan, dikupasnyalah dahan-dahan itu sehingga berbelang-belang, sampai yang putihnya kelihatan.
Ia meletakkan dahan-dahan yang dikupasnya itu dalam palungan, dalam tempat minum, ke mana kambing domba itu datang minum, sehingga tepat di depan kambing domba itu. Adapun kambing domba itu suka berkelamin pada waktu datang minum.
Jika kambing domba itu berkelamin dekat dahan-dahan itu, maka anaknya bercoreng-coreng, berbintik-bintik dan berbelang-belang.

Sebuah hikmat dan teori yang didapat melalui sebuah proses pembelajaran yang panjang, namun hasilnya sangat memuaskan. Hal inilah yang juga perlu kita ingat dalam hidup ini. Bahwa segala sesuatunya membutuhkan sebuah proses. Tidak ada yang instan.

Belajarlah dalam setiap proses kehidupan yang kita alami. Bertekunlah setiap hari seperti Yakub, sampai kita mendapatkan pembelajaran terbaik yang dapat kita gunakan untuk naik level dan mengalami perubahan hidup kearah yang lebih baik.

Belajarlah sedikit demi sedikit, nikmatilah setiap prosesnya. Jangan pernah letih untuk terus belajar hingga kita sampai kepada sebuah kesempatan untuk mempraktekkan apa yang sudah kita pelajari. Teruslah belajar dalam setiap proses kehidupan kita, Tuhan Yesus memberkati..

Posting Komentar untuk "Belajar Dalam Proses Kehidupan"