Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gembira adalah Ekspresi Iman Orang Percaya

Gembira artinya adalah bersukacita, senang hati atau bahagia. Mengapa gembira dikatakan sebagai ekpresi iman orang percaya kepada Tuhan? Yuk kita sama-sama belajar bahwa ternyata gembira adalah bagian dari iman kita kepada Tuhan. Kali ini kita akan belajar mengenai gembira sebagai ekspresi iman dalam menanti jawaban doa yang kita naikan kepada Tuhan.

Ketika kita berdoa, baik dalam doa bersama keluarga maupun dalam doa-doa pribadi, tentunya kita menaikan setiap permohonan kita kepada Tuhan. Kita menyampaikan apa yang kita inginkan dan harapkan kepada Tuhan. Di antara sekian banyak permohonan yang kita naikan di hadapan Tuhan, pasti ada satu atau dua hal yang merupakan pergumulan pribadi kita. Dimana hal tersebut merupakan keinginan hati kita agar Tuhan segera menjawab doa tersebut.

Tujuan berdoa pun beragam. Ada yang berdoa bagi pemulihan keluarga, ada yang berdoa bagi masalah keuangan, masalah kesehatan dan ada juga yang berdoa bagi pergumulan masa depannya atau pergumulan-pergumulan yang lain. Jawaban dari setiap hal yang kita doakan pun beragam. Ada yang cepat ada juga yang lambat, ada yang sesuai harapan kita ada yang tidak,ada yang jawabannya justru merupakan hal yang tidak pernah dipikirkan dan dibayangkan, namun Tuhan sediakan bagi hidupnya.

Ketika menanti jawaban Tuhan, biasanya kita akan dinasehati untuk tetap percaya, tetap tekun dan tetap setia menanti janji Tuhan dan jawaban doa kita. Hal itu memang benar. Namun ada satu hal yang tidak kalah penting untuk kita lakukan selagi kita menanti jawaban doa dari setiap pergumulan hidup kita. Apa itu? Yuk kita baca:


Mazmur 37:4
“dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.”

Ayat tersebut mengingatkan kita akan satu hal yang sering kita lupakan dalam proses menanti jawaban doa kita, yaitu bergembira. Seringkali kita menanti jawaban doa kita dengan was-was, kuatir, sedih dan sebagainya. Namun mazmur 37:4 mengingatkan kita untuk tetap bergembira selama kita menanti jawaban atas setiap doa kita. 

Bergembira yang dimaksud didalam ayat tersebut bukanlah bergembira karena persoalan hidup. Bila kita mengalami pergumulan, baik itu persoalan keluarga, persoalan keuangan atau persoalan kesehatan maka respon manusiawi kita pasti akan terasa berat, sedih dan sebagainya. Lalu bagaimana kita bisa bergembira ditengah pergumulan?

Bergembira yang dimaksud dalam mazmur 37:4 adalah bergembira karena Tuhan. Artinya, sekalipun ada berbagai persoalan dan pergumulan namun Tuhan selalu ada bagi kita untuk memberikan pertolongan dan jalan keluar bagi setiap persoalan hidup kita. Jadi landasan kita bergembira bukan persoalan hidup kita, namun alasan kita bergembira adalah karena Tuhan yang selalu hadir dan memberi kekuatan bagi kita untuk menghadapi pergumulan hidup kita.

Lalu apa kaitan bergembira karena Tuhan dengan jawaban doa kita? Mazmur 37:4 kembali menjelaskan bahwa orang yang mampu tetap bergembira karena Tuhan di tengah pegumulan hidup yang sedang dia doakan, maka Tuhan akan memberikan kepadanya apa yang diinginkan hatinya. Betapa pentingnya untuk tetap bergembira di tengah pergumulan hidup. Mengapa? Karena itu menjadi kunci agar kita bisa menerima apa yang diinginkan hati kita. Sebab sejatinya bergembira karena Tuhan merupakan ekspresi dari iman kita kepada Tuhan.

Seseorang yang percaya kepada Tuhan maka dia akan mampu tetap bergembira sekalipun kondisi hidupnya berkata sebaliknya. Orang tersebut percaya bahwa bila Tuhan mengijinkan sesuatu hal terjadi dalam hidupnya adalah kerena Tuhan punya rencana yang indah atas hidupnya. Orang yang demikian akan tetap bergembira, bukan karena ada atau tidak adanya pergumulan, bukan pula karena doanya dijawab atau tidak, namun karena dia percaya dan beriman bahwasanya Tuhan tetap baik dalam hidupnya.

Ketika Tuhan melihat sikap yang demikian, maka Tuhan akan tergerak untuk segera menjawab doa orang tersebut, sebab orang tersebut percaya kepada Tuhan. Inilah yang dimaksudkan pemazmur, dengan mengatakan bahwa ketika seseorang mampu bergembira karena Tuhan di tengah pergumulan yang didoakannya, maka Tuhan akan memberikan kepadanya apa yang diinginkan hatinya,

Jadi, apapun pergumulan dan situasi hidup kita hari-hari ini, tetaplah tekun berdoa dan selagi kita menanti jawaban dari setiap doa-doa kita, tetaplah bergembira karena Tuhan. Hati yang gembira adalah obat yang manjur bagi kekuatiran dan ketakutan dalam menghadapi pergumulan hidup. Sebab Gembira adalah ekspresi iman orang percaya yang yakin bahwa Tuhan selalu ada dan berjalan bersama dengan kita. Aminn.. 

Posting Komentar untuk "Gembira adalah Ekspresi Iman Orang Percaya"