Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegagalan Bukanlah Akhir Perjuangan

Kegagalan kita terkadang bukan karena kita tidak sanggup atau bahkan tidak ada pertolongan Tuhan. Kegagalan kita lebih sering terjadi karena kita tidak sungguh-sungguh berusaha dan berjuang. Kegagalan kita terkadang terjadi karena kita sudah menyerah sebelum berusaha dan berjuang. Dengan demikian sebenarnya yang terpenting bukanlah hasilnya, melainkan seberapa usaha dan perjuangan kita. Hasil itu akan mengikuti usaha dan perjuangan yang kita lakukan. 

Bila kita sungguh berusaha maka hasilnya akan baik atau setidaknya kita sendiri akan merasa puas sekalipun hasilnya belum terlalu baik karena kita sudah berusaha semaksimal mungkin. Sebaliknya bila kita kurang berusaha atau bahkan sebenarnya belum berusaha, maka tentunya hasil yang akan kita peroleh akan jauh dari harapan kita. 

Hal yang lebih menyedihkan lagi adalah ketika kita berkata sudah berusaha, namun sebenarnya bila kita telaah dan renungkan kembali sebenarnya kita belum melakukan apapun untuk mencapai sesuatu yang kita inginkan. 

Hal tersebut sebenarnya masih terdapat dalam sebuah pemikiran belaka, sebuah konsep dan rencana semata tanpa adanya tindakan nyata dalam mewujudkan hal tersebut. Mungkin kita sudah mendapat inspirasi atau ide dalam pikiran kita untuk menghadapi sebuah persoalan yang sedang kita hadapi. Namun itu akan menjadi sia-sia bila tidak diwujudnyatakan dalam sebuah tindakan konkrit.

Amsal 24:16 "Sebab tujuh kali orang benar jatuh, namun ia bangun kembali, tetapi orang fasik akan roboh dalam bencana."

Coba lihat kembali apa yang sudah kita alami. Jika kita mengalami kegagalan demi kegagalan jangan langsung menyerah dan berkata bahwa semua usaha ternyata sia-sia. Pertanyaannya adalah apakah kita sudah sungguh-sungguh berusaha atau sebenarnya kita hanya merasa sudah berusaha padahal kita belum melakukan apapun. Sebab sebuah usaha sekecil apapun pasti ada dampaknya. Seorang yang sudah sungguh berusaha justru tidak akan mudah menyerah. Orang yang mudah menyerah sebenarnya adalah orang yang belum melakukan usaha apapun.

Ketika orang sudah berusaha, ia akan ingat terhadap usahanya itu dan itu akan menjadi motivasi tersendiri bagi dirinya. Ia tidak akan menyerah sebab tidak ingin segala usaha yang sudah dilakukannya menjadi sia-sia belaka. Hal ini berbeda dengan orang yang belum berusaha sama sekali. Ketika menghadapi kegagalan, orang-orang seperti ini akan mudah menyerah karena tidak ada motivasi untuk terus berjuang. Ia tidak akan merasa rugi bila menyerah sebab dia belum melakukan usaha dan pengorbanan apapun. 

So, yang terpenting adalah berusaha dan berjuang terlebih dahulu baru kita akan lihat hasilnya. Orang yang sudah berusaha tidak akan mudah menyerah, sekalipun harus menghadapi kegagalan. Sebab kegagalan bukanlah akhir dari sebuah perjuangan.

Posting Komentar untuk "Kegagalan Bukanlah Akhir Perjuangan"