Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Anti Virus dalam Kehidupan Rohani

Kita mengenal program anti virus pada komputer yang berfungsi untuk membasmi virus yang dapat menyerang dan merusak komputer. Ada berbagai anti virus laptop atau anti virus pc komputer yang disediakan untuk kita gunakan pada laptop/komputer kita. Sistem kerjanya biasanya adalah dengan mengeksekusi program-program yang dianggap berbahaya bagi komputer dengan cara menghapus atau mengkarantina program atau file tersebut. Biasanya program yang dianggap berbahaya oleh anti virus adalah program yang memiliki file eksistensi “.exe”. 

Begitu pentingnya peranan anti virus bagi perangkat komputer agar menjaga komputer dari kerusakan akibat virus. Demikian juga kehidupan rohani kita memerlukan anti virus rohani yang dapat menjaga kita dari “virus-virus” yang ada di dunia ini. Firman Tuhan mengatakan bahwa keadaan manusia akhir zaman dipenuhi dengan virus dosa yang terwujud dalam berbagai hal.

2 Timotius 3:1-4 Ketahuilah bahwa pada hari-hari terakhir akan datang masa yang sukar. Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama,  tidak tahu mengasihi, tidak mau berdamai, suka menjelekkan orang, tidak dapat mengekang diri, garang, tidak suka yang baik, suka mengkhianat, tidak berpikir panjang, berlagak tahu, lebih menuruti hawa nafsu dari pada menuruti Allah.

Firman Tuhan diatas jelas mengingatkan kita bahwa di hari-hari terakhir seperti sekarang ini akan ada banyak rupa kejahatan yang bisa merusak kehidupan kita layaknya virus dalam program komputer. Mulai dari egois, hamba uang sampai kepada tidak mau menuruti Allah. Oleh karena itulah kita memerlukan yang namanya anti virus rohani. Apa itu anti virus rohani ?

Untuk menangkal virus rohani tersebut, kita hanya memerlukan satu anti virus yang Tuhan sudah sediakan bagi hidup kita, yaitu Firman Tuhan. Coba kita perhatikan apa yang Alkitab katakan dalam 2 Timotius 3:15-16.

2 Timotius 3:15-16 Ingatlah juga bahwa dari kecil engkau sudah mengenal Kitab Suci yang dapat memberi hikmat kepadamu dan menuntun engkau kepada keselamatan oleh iman kepada Kristus Yesus. Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

Jika pada 2 Timotius 3:1-4 Alkitab memaparkan berbagai virus rohani yang dapat merusak kehidupan kita secara rohani, maka pada 2 Timotius 3:15-16 Alkitab memberitahu kita bahwa Firman Tuhanlah yang dapat kita jadikan anti virus untuk mengatasi segala bentuk virus dosa yang mencoba masuk dalam hidup kita. 

Firman Tuhan adalah anti virus gratis terbaik yang Tuhan sediakan bagi hidup kita. Firman Tuhan berfungsi memberi hikmat dan menuntun pada keselamatan. Firman Tuhan juga berfungsi untuk mengajar, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan serta mendidik orang dalam kebenaran.

Menginstal Anti Virus Rohani

Dengan demikian maka kita wajib untuk menginstal Firman Tuhan dalam hidup kita. Ini artinya membiarkan Firman Tuhan masuk dalam kehidupan kita. Dengan membaca dan merenungkan Firman Tuhan, maka kita sedang memasang anti virus dalam kehidupan kita. Sehingga ketika ada virus dosa yang mencoba masuk, Firman Tuhan akan memindai hal tersebut sebagai sesuatu yang berbahaya bagi hidup kita serta memberitahukan kita bahwa hal itu adalah berbahaya.

Mengaktifkan Anti Virus 

Pada umumnya, setelah memindai suatu file atau program dan menemukan virus dalam file atau program tersebut, maka anti virus akan memberikan saran tindakan bagi kita. Apakah akan menghapus atau mengkarantina atau membiarkan saja file tersebut. 

Demikian juga kehidupan rohani kita. Setelah mengetahui bahwa sesuatu itu merupakan virus yang berbahaya bagi kehidupan kita, maka kita perlu melakukan tindakan untuk menolak hal tersebut. Jangan justru membiarkan saja hal tersebut ada dalam hidup kita. Sebab jika demikian maka kita sedang membuat Firman Tuhan menjadi tidak berfungsi, yang sama artinya dengan membiarkan virus itu masuk dan merusak kehidupan kita.

Mengupdate Anti Virus

Anti virus dalam komputer biasanya memerlukan update versi terbaru untuk dapat memngenali virus terbaru yang belum bisa terdeteksi pada versi sebelumnya. Untuk itulah kita perlu mengupdate anti virus tersebut guna memastikan komputer kita tetap aman dari serangan virus.

Dalam hal rohani, sebenarnya Firman Tuhan sudahlah cukup, artinya Firman Tuhan bisa kita gunakan sepanjang masa. Firman Tuhan memiliki kemampuan untuk memindai virus dosa dalam bentuk apapun. Maka dalam hal ini bukanlah Firman Tuhan yang perlu di update, namun hidup kitalah yang perlu di update oleh Firman Tuhan. 

Kita perlu membaca dan merenungkan Firman Tuhan tiap hari, agar kita dapat memperoleh pengetahuan yang baru dan terus berkembang akan Firman Tuhan. Dengan demikian hidup kita akan sinkron dengan Firman Tuhan dan senantiasa dapat terlindungi dari virus dosa yang dapat merusak dan menghancurkan hidup kita.

Mari kita renungkan hidup kita. Sudahkah kita menjadikan Firman Tuhan sebagai anti virus dalam hidup kita untuk menangkal virus dosa dan kejahatan yang senantiasa mencoba masuk dalam hidup kita? Sudahkah kita membiarkan Firman Tuhan bekerja dalam hidup kita ? Dan sudahkah kita senantiasa memperbaharui pengetahuan dan pengenalan kita akan Firman Tuhan?

Posting Komentar untuk "Pentingnya Anti Virus dalam Kehidupan Rohani"